8 Gejala Kanker Otak pada Wanita

8 Gejala Kanker Otak pada Wanita

 

Gejala Kanker Otak pada Wanita – Sampai saat ini, kanker masih menjadi salah satu jenis penyakit yang paling mematikan dan salah satunya yang sangat ditakuti yakni kanker otak. Meskipun cukup jarang terjadi, namun menurut WHO kasus ini telah berkembang pada sekitar 22.000 orang setiap tahunnya dengan angka kematian yang cukup tinggi, yakni sekitar 13.000 kematian.

Di Indonesia sendiri, pada tahun 2012 ada sekitar 4.900 kasus kanker otak. Parahnya, gejala kanker otak ini tidak begitu diketahui pada masa awal pertumbuhannya, sehingga acap kali si penderita tidak menyadari ada tumor ganas yang bersarang diotaknya.

Kanker otak merupakan salah satu penyakit kronis yang menyerang organ otak. Inilah penyebab kanker otak sangat patut untuk diwaspadai karena pada kanker otak, akan terjadi pertumbuhan sel-sel tubuh yang tidak normal, sehingga akan menyebabkan kerusakan atau kehilangan fungsi bagian tubuh.

8 Gejala Kanker Otak pada Wanita

8 Gejala Kanker Otak pada Wanita

Kanker otak sendiri terjadi ketika ada tumor ganas yang menyerang bagian otak dan penyebarannya pun begitu cepat hingga ke bagian lain dari otak. Meskipun penyebab langsungnya belum diketahui, namun ada beberapa faktor yang berpotensi meningkatkan resiko kanker otak. Seperti, gaya hidup tidak sehat, kecelakaan, radiasi, paparan bahan kimia, dan faktor keturunan.

Gejala Kanker Otak pada Wanita

Jika gejala kanker payudara pada umumnya lebih mudah dikenali, lain ceritanya dengan gejala tumor otak. Gejala tumor otak terlihat sangat mirip seperti penyakit sehari-hari lainnya, dari sakit kepala sampai depresi. Wanita yang aktif bekerja di kantor atau sering menggunakan hp biasanya memiliki resiko lebih besar terkena kanker otak. Adapun gejala kanker otak yang terjadi pada wanita adalah sebagai berikut :

  1. Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Wanita secara normal akan mengalami siklus menstruasi yang terjadi sekali dalam sebulan. Jika tiba-tiba wanita tersebut mengalami menstruasi yang tidak teratur atau tidak lancar, maka kondisi ini perlu segera mendapat pemeriksaan lebih lanjut. Selain mengindikasikan adanya kanker rahim atau kanker serviks, menstruasi yang tidak teratur juga dapat mengindikasikan adanya kanker otak. Hal ini disebabkan otak yang mengalami gangguan fungsi akibat sel kanker tidak mampu mengendalikan produksi hormon yang mengatur siklus menstruasi berjalan lancar.

  1. Merasa Pusing Berkepanjangan

Wanita memang lebih sering merasakan pusing dibandingkan pria, apalagi wanita memang rentan terkena anemia, kelelahan dan tekanan darah rendah. Namun pusing akibat penyakit tersebut biasanya hanya terjadi sesaat dan akan sembuh saat penyebabnya diatasi. Jika pusing yang dirasakan tidak kunjung hilang meski telah meminum obat, wanita harus waspada dan bila perlu periksakan diri ke dokter saat rasa pusing berlangsung terus menerus. Karena rasa pusing tersebut dikhawatirkan sebagai tanda awal kanker otak yang harus segera diatasi.

  1. Mengalami Perubahan Psikis

Wanita yang mengalami perubahan emosi setiap bulannya memang wajar terjadi, sebagai dampak dari siklus menstruasi yang terjadi pada setiap wanita. Namun perubahan psikis atau mental ini hanya bersifat sementara hingga menstruasi berhenti. Tetapi jika seorang wanita mengalami kanker otak, ia akan mengalami perubahan psikis seperti marah, sedih, menangis dan yang lainnya sepanjang wantu. Karena itu jika merasakan perasaan yang sering berubah-ubah sangat penting untuk memeriksa otak dan syaraf yang saling berhubungan.

  1. Gangguan Koordinasi

Para wanita akan kesulitan mengurus segala sesuatunya jika koodinasi tubuhnya terganggu. Hal tersebut bisa terjadi pada wanita yang memiliki gangguan koordinasi. Kondisi tersebut harus diwaspadai dan wanita yang mengalami gangguan koordinasi harus menjalani serangkaian pemeriksaan yang menyatakan ada tidaknya gangguan pada otak wanita tersebut. Jika memang ditemukan adanya kanker otak, sebaiknya segera lakukan tindakan yang tepat untuk mengatasi kanker otak tersebut.

  1. Gangguan Indera Penciuman dan Pendengaran

Letak otak sangat berdekatan dengan beberapa organ di sekelilingnya, yaitu hidung, mulut dan telinga, sehingga jika otak terganggu organ yang lain akan ikut terganggu. Hal yang paling sering dialami wanita yang mengidap kanker otak adalah terjadinya gangguan fungsi pada indera penciuman dan pendengaran sehingga aktivitas ikut terganggu.

  1. Mual muntah

Mual dan muntah adalah hal yang biasa. Namun jika Anda terus menerus mual dan muntah tanpa sebab, apalagi jika Anda tidak sedang hamil, ini patut diwaspadai. Mual dan muntah tanpa alasan yang jelas bisa menjadi gejala tumor otak yang patut Anda waspadai.

  1. Kejang

Kejang sering menjadi salah satu gejala tumor otak yang pertama kali muncul, terutama jika Anda tidak memiliki riwayat kondisi ini sebelumnya. Iritasi yang disebabkan oleh pertumbuhan tumor dalam otak membuat sel saraf otak (neuron) jadi bekerja tidak terkendali, dan menyebabkan anggota tubuh Anda mengalami gerakan menyentak tiba-tiba yang abnormal.

Seperti tumor, kejang tidak selalu kelojotan. Anda bisa mengalami kejang seluruh tubuh, atau sentakan atau kekakuan tubuh terbatas pada satu anggota badan, atau satu bagian wajah Anda. Kejang juga dapat berupa menghilangnya kesadaran atau bengong sesaat, mata mendelik sekejap, atau tanda lain yang tidak disadari penderita bahkan orang di sekitarnya.

  1. Mengantuk dan Hilang Kesadaran

Kanker otak dapat mengakibatkan penderitanya mengalami kantuk hingga kehilangan kesadaran yang dapat terjadi dimana saja. Hal ini disebabkan otak tidak dapat memberikan perintah yang jelas sehingga wanita akan merasa sulit untuk berkonsentrasi. Semakin sulit berkonsentrasi dan semakin sering mengalami hilang kesadaran maka penyakit kanker otak telah menjadi semakin parah.

Itulah gejala kanker otak pada wanita yang sangat berbahaya. Semakin kita lebih cepat mengenali gejala tersebut, maka akan semakin mudah menentukan langkah pengobatan kanker otak secara medis karena penyakit tersebut bisa terdeteksi pada stadium awal.

8 Gejala Kanker Otak pada Wanita

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*