Cara Mencegah Kanker Otak

Cara Mencegah Kanker Otak

Cara Mencegah Kanker Otak– Kanker Otak adalah tumbuhnya sel abnormal pada otak. Banyak jenis tumor yang berbeda-beda. Beberapa tumor otak bukan merupakan kanker (jinak) dan beberapa tumor otak lainnya adalah kanker (ganas). Tumor otak dapat berasal dari otak (tumor otak primer) atau kanker yang berasal dari bagian tubuh lain dan merambat ke otak (tumor otak sekunder / metastatik).

Cara Mencegah Kanker Otak– Tidak seperti jenis kanker lainnya, kanker otak jarang menyebar ke jaringan lain sehingga penggolongannya hanya didasarkan pada seberapa cepat pertumbuhan sel kanker. kanker otak stadium 1 artinya sel kanker masih tampak normal dan pertumbuhannya lambat, ada juga kanker otak stadium 2. sedangkan stadium IV tanda tanda kanker otak stadium ini berarti sel kanker tampak abnormal dan tumbuh sangat cepat.

Penyebab

Cara Mencegah Kanker Otak–  Secondary brain cancer disebabkan oleh pertumbuhan sel kanker di jaringan lain yang menyebar hingga ke otak. Jenis kanker yang paling banyak menyebar hingga ke otak antara lain kanker payudara, kanker usus, kanker ginjal, kanker paru dan kanker kulit.

Sementara itu, primary brain cancer disebabkan oleh perubahan struktur Deoxyribo Nucleid Acid (DNA) sehingga pertumbuhannya tidak terkendali. Cara Mencegah Kanker Otak– Pemicu perubahan DNA tidak diketahui pasti, namun diduga banyak faktor yang berpengaruh antara lain radiasi, asap rokok dan infeksi virus tertentu.

cara mencegah kanker otak

cara mencegah kanker otak

Gejala

Cara Mencegah Kanker Otak–  Pertumbuhan kanker otak meningkatkan tekanan di dalam tengkorak, sehingga sering memunculkan rasa nyeri di kepala. Tekanan yang terus meningkat juga bisa memicu kerusakan saraf dan berbagai organ di kepala sehingga memunculkan gejala sebagai berikut :

  • Sakit kepala di tempat atau waktu yang tidak biasanya
  • Sakit kepala yang makin sering atau makin parah intensitasnya
  • Mual muntah yang tidak jelas penyebabnya
  • Gangguan penghilatan, misalnya pandangan kabur atau penglihatan ganda
  • Kaki dan tangan sering mati rasa atau susah digerakkan
  • Susah menjaga keseimbangan
  • Mudah bingung menghadapi persoalan sehari-hari
  • Perubahan perilaku atau kepribadian
  • Kejang-kejang, padahal tidak punya riwayat epilepsi
  • Pendengaran berkurang.

 

Menurut para ahli, penyakit berbahaya ini dapat dicegah dengan cara gaya hidup yang sehat. Berikut langkah-langkah cara mencegah kanker otak.

  • Cara Mencegah Kanker Otak-  Jangan sampai kepala Anda terbentur atau mengalami trauma. Hindari aktivitas yang berisiko tinggi seperti tinju. Selalu gunakan helm saat naik sepeda motor.
  • Cara Mencegah Kanker Otak- Perbanyak makan buah-buahan yang mengandung antioksidan seperti kurma, jeruk, kismis, strawberry, buah plum dan anggur merah. Zat antioksidan akan melancarkan peredaran darah dari dan ke otak sehingga mencegah terjadinya penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah.
  • Cara Mencegah Kanker Otak- Jangan merokok.
  • Cara Mencegah Kanker Otak- Perbanyak makan makanan berserat, jauhi makanan berlemak.
  • Cara Mencegah Kanker Otak- Hindari bahan karsiogenik, misalnya minyak goreng yang dipakai berulang-ulang.
  • Cara Mencegah Kanker Otak- Jauhi benda dengan kadar radiasi tinggi karena paparan radiasi dalam level tertentu dapat memicu perkembangan sel abnormal. Jika menelepon menggunakan handphone, gunakan handsfree agar ada jarak antara ponsel dengan kepala (otak) sehingga mengurangi kadar panas dan radiasi.
  • Cara Mencegah Kanker Otak- Gaya hidup sehat. Tidur yang cukup. Rutin olahraga agar ada sirkulasi darah ke otak.
  • Cara Mencegah Kanker Otak- Hindari pikiran yang dapat menyebabkan stress.

 

Menghindari penggunaan bahan kimia

Cara Mencegah Kanker Otak-  Bahan kimia dan paparan radiasi kimia berpotensi besar terhadap kerusakan otak seseorang, sehingga Anda disarankan untuk menghindari prosedur yang berkaitan dengan bahan kimia. Bahan kimia yang akrab dengan kehidupan Anda sehari-hari adalah vinil klorida yang digunakan dalam plastik, formalin yang digunakan sebagai pengawet, dan acrylontrile digunakan dalam industri tekstil. Cara Mencegah Kanker Otak-  Pancaran radiasi dari reaktor nuklir juga dapat menyebabkan kanker otak. Orang yang pekerjaannya mengharuskan untuk berinteraksi dengan bahan kimia dan nuklir, harus rutin melakukan pengujian terhadap kanker otak ke dokter.

 

Makan makanan anti kanker

Cara Mencegah Kanker Otak- Bawang putih dan makanan yang mengandung asam lemak omega 3 membantu dalam pencegahan kanker otak. Bawang putih mengandung substansi anti kanker yang dapat membantu mengontrol kecenderungan kanker dalam sel-sel tubuh Anda.

 

Hindari rokok dan alcohol

Cara Mencegah Kanker Otak- Salah satu penyebab utama semua jenis kanker adalah kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok dan konsumsi alkohol. Kanker dapat menyebar ke setiap bagian tubuh, misalnya kanker paru-paru juga dapat menyebar ke otak dan mengakibatkan kanker otak. Jadi, hindari kebiasaan merokok dan minum untuk menghentikan pertumbuhan kanker otak dalam tubuh Anda.

itulah penjelasan mengenai cara mencegah penyakit kanker, semoga bermanfaat.

Cara Mencegah Kanker Otak

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*