Ciri-Ciri Kanker Otak

Ciri-Ciri Kanker Otak

Ciri-Ciri Kanker Otak – Kanker otak merupakan salah satu jenis kanker yang tumbuh dan berkembang pada sel-sel yang berada di dalam otak. Kanker akan tumbuh dengan menekan dan merusak daerah atau jaringan di sekitar otak. Kanker juga bisa berkembang pada bagian otak karena berasal dari sel kanker di jaringan tubuh lain. Kondisi kanker otak biasanya berkembang sesuai dengan waktu, namun biasanya menyerang beberapa bagian otak secara agresif. Penyebab kanker otak paling utama memang belum ditemukan saat ini. Semua penyebab masih bersifat dari masalah utama seperti kanker otak pada anak yang mendapatkan perawatan radioterapi. Sementara penyebab lainnya masih diteliti oleh pakar kesehatan di seluruh dunia.

Ciri-Ciri Kanker Otak

Ciri-Ciri Kanker Otak

Seperti apa ciri ciri orang yang terkena kanker otak ? Berikut adalah ciri-ciri kanker otak, antara lain :

  1. Sakit Kepala

Gejala dan ciri-ciri kanker otak yang tidak dideteksi dini adalah seringnya terjadi sakit kepala yang datang berulang-ulang, sakit kepala yang dialami ini biasanya datang secara tiba-tiba dan berkepanjangan.

  1. Mudah Mual

Sering mual juga bisa menjadi gejala dan ciri-ciri kanker otak. Karena tidak normalnya kerja otak, gejala selanjutnya yang kemungkinan terjadi yaitu pasien/penderita akan sering mengalami mual dan kondisi metabolisme yang kurang seimbang.

  1. Tubuh Lemas

Gejala dan ciri-ciri kanker otak adalah tubuh menjadi lemas. Karena kondisi tubuh penderita terkadang mudah lemas, ketidak seimbangan metabolisme membuat suplay energi dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Kondisi ini akan mengakibatkan kesulitan dalam melangkah karena energi tidak tersalur secara baik.Untuk itu, jika tubuh mudah lemas meski tidak mengerjakan pekerjaan berat, hal ini perlu diwaspadai.

  1. Sulit Berjalan

Pengidap kanker otak juga akan mengalami gejala dan ciri kanker otak seperti kondisi sulit berjalan. Tiap akan berjalan rasanya sempoyongan. Gejala dan ciri-ciri kanker otak ini disebabkan karena pengontrol aktivitas tubuh dalam otak terganggu oleh kehadiran sel-sel kanker.

  1. Sulit Mendengar Dan Melihat

Terjadi perubahan juga dalam indra pendengaran dan penglihatan. Penderita akan mengalami penurunan daya dengar dan daya lihat. Gejala dan ciri-ciri kanker otak ini akan bertambah parah seiring dengan bertambah parahnya sel-sel kanker mengerogoti otak.

  1. Mati Rasa Di Kaki Dan Tangan

Gejala dan ciri-ciri kanker otak juga ditandai dengan terjadinya mati rasa pada kaki dan tangan. Kedua organ tersebut mengalami gangguan karena saraf pusatnya juga tengah diganggu oleh sel kanker.

  1. Sulit Berkonsentrasi

Serangan pada otak membuat penderita juga mengalami kesulitan berkonsentrasi. Ini akan membuat penderita sulit untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan baik karena hilangnya konsentrasi.

  1. Menurunnya Daya Ingat Dan Respon

Penderita kanker otak otomatis juga akan mengalami penurunan daya ingat serta respon tubuh. Hal ini dipengaruhi bermasalahnya organ otak yang mulai “dikuasai” sel kanker.

  1. Menurunnya Daya Penciuman

Selain indra pendengaran dan penglihatan yang menurun, gejala dan ciri kanker otak juga terlihat pada menurunnya daya penciuman. Penderita sulit mempertahankan daya penciuman seperti sebelumnya.

  1. Lumpuh Pada Sebagian Wajah Atau Badan

Pada kondisi tertentu, penderita juga bisa mengalami kelumpuhan pada sebagian wajah atau sebagian tubuhnya. Ini menandakan bahwa salah satu otak tengahmengalami serangan hebat dari sel kanker.

  1. Kantuk Yang Berkepanjangan

Ini juga bisa menjadi gejala dan ciri kanker otak. Orang yang mengalami kantuk yang berkepanjangan, meski sudah cukup tidur, bisa menjadi indikasi ada sesuatu yang tidak normal pada otak.

  1. Berhentinya Haid Secara Tidak Normal

Bagi wanita, berhentinya haid secara tidak normal juga perlu diwaspadai. Sebab bisa jadi hal itu menunjukkan terjadinya gejala dan ciri-ciri kanker otak atau bisa jadi jenis kanker lainnya.

Tips Mencegah Kanker Otak

Untuk mencegah kanker otak, anda juga bisa melakukan beberapa tips dibawah ini :

  • Hindari atau kurangi konsumsi makanan yang sudah dibekukan karena bisa meningkatkan resiko kanker otak
  • Hindari konsumsi makanan cepat saji dan semua jenis makanan instan terlalu sering karena makanan ini mengandung bahan kimia makanan yang ditambahkan dalam proses pengolahan
  • Hindari semua jenis agen penyebab kanker otak seperti radiasi, paparan bahan bakar kendaraan secara langsung dan polutan dari udara
  • Pilih konsumsi sayuran dan buah organik yang tidak memakai pestisida, karena pestisida bisa meningkatkan resiko kanker
  • Lebih sering makan ikan alami dari lingkungan bebas daripada ikan yang sudah diternakkan karena makanan ikan sering mengandung bahan campuran yang bisa menyebabkan kanker otak.

Ciri-Ciri Kanker Otak

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*