Faktor Resiko Kanker Otak

Faktor Resiko Kanker Otak

Faktor Resiko– Otak terdiri dari tiga wilayah utama fungsi. Bagian terbesar adalah otak. Ini adalah otak seperti yang kita tahu. Ini adalah sumber dari berpikir, memori, pidato, belajar, membaca, menulis, kognisi dan gerakan oleh kemauan.

Region kembali lebih rendah otak yang disebut serebelum. Ini mengontrol postur, keseimbangan dan gerakan.

Faktor Resiko– Otak terhubung ke sumsum tulang belakang pada sebuah daerah yang disebut batang otak. Ini mengontrol fungsi-fungsi yang paling vital seperti jantung ketukan, bernapas serta otot-otot yang mengendalikan penglihatan, pendengaran fungsi, makan dan gerakan.

Faktor Resiko Kanker Otak

Faktor Resiko Kanker Otak

Otak bermandikan cairan yang disebut memberikan Cerebrospinal fluid (CSF) dan terbungkus membran seperti sarung disebut meninges.

Faktor Resiko– Otak adalah bagian organ tubuh manusia yang memegang peranan penting dalam kehidupan. Otak merupakan pusat dari segala aktivitas, hingga yang sekecil-kecilnya. Otak menjalankan beribu-ribu aktivitas sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

Secara garis besar otak terbagi atas tiga bagian, yaitu otak besar (cerebrum), otak kecil (cerebellum), dan batang otak (brain stem). Masing-masing bagian terbagi lagi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, lebih kecil lagi, dan lebih kecil lagi.

Jadi otak memiliki banyak bagian yang memiliki fungsi berbeda-beda, oleh karena itu otak dapat menjalankan semuanya dalam waktu bersamaan.

Kanker otak menjadi salah satu penyakit yang paling menakutkan. Sampai sekarang belum ada obat untuk menyembuhkan penyakit ini. Simak faktor resiko kanker otak berikut ini seperti dilansir cancercenter :

Faktor Resiko- Riwayat keluarga
Jika ada keluarga Anda yang mempunyai riwayat kanker otak, maka Anda harus waspada. Riwayat keluarga dapat mempengaruhi kemungkinan mengembangkan penyakit tertentu.

  1. Ras
    Faktor resiko dari ras, Secara umum, tumor otak lebih sering terjadi pada orang kulit putih daripada ras lain.
  2. Usia
    Faktor Resiko terserang kanker otak meningkat seiring pertambahan usia. Usia juga menentukan jenis sel dan lokasi tumor.
  3. Sistem kekebalan tubuh
    Beberapa orang dengan sistem kekebalan tubuh tertentu memiliki peningkatan faktor resiko pengembangan limfoma otak.
  4. Faktor Resiko- Benturan
    Jangan sepelekan benturan pada kepala Anda. Benturan menyebabkan trauma pada jaringan otak, sehingga menjadi penyebab tumbuhnya jaringan abnormal dalam otak yang bisa berkembang menjadi kanker.

Kanker otak tidak memiliki beberapa gejala. Tanda-tanda kanker otak tergantung pada lokasi bagian yang terkena serangan kanker. Kejang, kehilangan keseimbangan, penglihatan kabur, kesulitan bicara, pusing, kehilangan penglihatan dan pendengaran bisa menjadi tanda-tanda dari gejala kanker otak.

Walaupun tidak semua tanda-tanda itu merupakan ciri khas dan gejala kanker otak, tetapi Anda harus waspada jika sering mengalami salah satu atau beberapa gangguan seperti yang disebutkan di atas.

Sementara itu, Ada beberapa faktor resiko penyebab terkena kanker otak.  Bila dalam riwayat keluarga ada yang pernah terkena penyakit ini, maka Anda memiliki resiko tersebut.

Selain itu, paparan terus-menerus dari bahan kimia tertentu dapat meningkatkan risiko kanker. Seorang perokok juga berisiko lebih tinggi terkena penyakit ini daripada orang yang tidak merokok. Faktor resiko lainnya adalah ras. Kanker otak lebih sering terjadi pada ras kulit putih.

sakit kepala yang menetap, berkepajangan dan menahan bisa saja gejala awal dari kanker otak. jika anda merasakanya, waspadai gejala tersebut dan segeralah pergi kedokter ahlinya.

kanker otak merupakan penyakit bersifat diam (silent killer) yang sangat berbahaya. karena sifatnya itu, sering kali penyakit kanker otak baru terdeteksi ketika sudah memasuki stadium lanjut. jika rasa sakit di kepala telah memuncak, ada kemungkinan, kanker itu telah menyebar kebagian tubuh lain ( metastasis ) kalau sudah begitu penanganan penyakit kanker tersebut menjadi lebih rumit dan beresiko.

tanda – tanda diatas harus kalian waspadai jika anda mengalami apa yang disebutkan diatas.

beberapa factor resiko penyebab terkena penyakit kanker otak :

  • faktor keturunan, apabila dalam keluarga anda ada yang terkena penyakit ini sangat mengkin sekali anda bisa terkena penyakit ini.
  • terus – menerus menggunakan bahan kimia.
  • perokok berat.
  • fator ras, penyakit tersebut biasanya menyerang ras berkulit putih.

 

 

Faktor Resiko Kanker Otak

 

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*