Gejala Awal Tumor Otak

Gejala Awal Tumor Otak

 

Gejala Awal Tumor Otak – Tumor otak adalah pertumbuhan sel-sel abnormal di dalam atau di sekitar organ otak. Tumor otak dapat menyerang siapa saja, namun sebagian besar kasusnya terjadi pada orang dewasa.

Ada bermacam-macam jenis tumor otak yang dibedakan ke dalam dua kelompok berdasarkan perkembangannya, yaitu tumor jinak (tidak bersifat kanker) dan tumor ganas (bersifat kanker). Tumor yang tumbuh di otak dikenal dengan istilah tumor otak primer, sedangkan tumor yang tumbuh di bagian lain dari tubuh dan menyebar hingga ke otak disebut dengan tumor otak sekunder atau metastatik.

Gejala Awal Tumor Otak

Gejala Awal Tumor Otak

Tingkatan tumor otak terbagi dari tingkat 1 hingga tingkat 4. Pengelompokan ini didasari oleh perilaku tumor itu sendiri, seperti lokasi tumbuhnya tumor, kecepatan pertumbuhan, dan cara penyebarannya. Tumor otak yang tergolong jinak dan tidak berpotensi ganas berada pada tingkat 1 dan 2. Sedangkan pada tingkat 3 dan 4, biasanya sudah berpotensi menjadi kanker dan sering disebut sebagai tumor otak ganas atau kanker otak.

Apa penyebab tumor otak ?

Belum diketahui pasti penyebab tumor otak. Namun, beberapa peneliti menduga, tumor otak disebabkan oleh masalah genetik, paparan bahan kimia, dan radiasi yang berlangsung terus menerus.

Apa saja gejala awal tumor otak ?

Setiap penderita tumor otak stadium awal pasti memiliki gejala, entah itu gejalanya hanya satu saja, dua, tiga ataupun tujuh sekaligus, sehingga diwajibkan bagi anda untuk mewaspadai dan segera berkonsultasi ke dokter. Berikut ini 7 gejala awal tumor otak :

  1. Sakit kepala

Sakit kepala adalah gejala paling umum dari tumor otak. Biasanya, sakit kepala atau terasa pusing di pagi hari dan rasa sakit selalu di tempat yang sama. Jika sakit kepala sering terjadi dan semakin parah, periksalah ke dokter.

  1. Mual dan muntah

Merasa mual pada pagi hari bisa menjadi salah satu gejala tumor otak.

  1. Gangguan penglihatan

Jika tumor tumbuh di sekitar lobus oksipital, bisa menyebabkan gangguan penglihatan. Penglihatan menjadi kabur dan kesulitan mengidentifikasi objek dan warna.

  1. Kehilangan sensasi

Ketika seseorang memiliki tumor di daerah lobus parietal, akan kehilangan sensasi emosi dan memengaruhi gerakan di sekitar lengan maupun kaki. Hal ini karena tumor telah mengganggu sistem saraf.

  1. Masalah keseimbangan

Pertumbuhan tumor di otak bisa menyebabkan hilangnya keseimbangan tubuh. Tumor yang tumbuh di otak kecil mempengaruhi gerakan mereka.

  1. Kesulitan bicara

Tumor juga bisa memengaruhi kemampuan bicara seseorang ketika tumbuh di sekitar lobus temporal. Jika tiba-tiba mengalami kesulitan berbicara, periksalah ke dokter, gejala ini juga bisa menjadi tanda stroke.

  1. Kebingungan

Tumor otak di lobus parietal menyebabkan seseorang kesulitan memahami berbagai sensasi. Hal ini bisa membuat seseorang selalu merasa kebingungan dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

  1. Perubahan perilaku

Bagi seseorang yang memiliki tumor di lobus frontal, bisa mengalami kesulitan dalam mengendalikan perilaku dan memiliki masalah dalam menerima informasi baru.

  1. Kejang

Kejang juga salah satu gejala umum kanker otak yang terjadi tanpa disadari. Jika sebelumnya tidak punya riwayat kejang, waspadai tumor otak.

  1. Gangguan pendengaran

Tak hanya gangguan penglihatan, adanya tumor pun bisa menyebabkan gangguan pendengaran. Hal ini jika lokasi tumor berada di lobus temporal.

Gejala awal tumor otak sangat berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Gejala yang muncul dipengaruhi oleh ukuran, kecepatan pertumbuhan, dan lokasi tumor. Tumor yang tumbuh secara perlahan-lahan mungkin awalnya tidak menimbulkan gejala apa pun. Setelah beberapa lama, tumor akan memberi tekanan pada otak yang menyebabkan munculnya gejala, seperti kejang-kejang dan sakit kepala. Tumor otak yang berada pada lokasi tertentu dapat mengganggu sistem kerja otak sehingga tidak berfungsi dengan benar.

Gejala Awal Tumor Otak

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*