Gejala Kanker Otak Stadium 1

Gejala Kanker Otak Stadium 1

 

Gejala Kanker Otak Stadium 1 – Kanker otak merupakan penyakit yang jauh lebih ganas dari tumor otak, karena kanker tidak bisa disembuhkan dengan hanya melakukan tindakan pembedahan saja.

Gejala Kanker Otak Stadium 1

Gejala Kanker Otak Stadium 1

Tumor otak bisa diangkat lewat cara pembedahan, namun sel kanker yang ada di otak tidak 100% menghilang disaat seorang pasien melakukan pembedahan. Kanker merupakan penyakit super serius yang hingga detik ini belum memiliki obat penyembuhnya. Dokter hanya menyarankan beberapa cara medis yang dapat menghambat laju pertumbuhan sel kanker otak, baik lewat cara pembedahan, kemoterapi dan sinar x.

Disaat seseorang sering mengeluhkan sakit kepala, tepatnya sakit kepala yang terjadi berulang kali di bagian yang sama, hendaknya patut diwaspadai, karena kemungkinan besar itu adalah tanda kanker otak stadium 1 tetaplah ada.

  1. Nyeri Kepala

Gejala awal yang patut diwaspadai adalah nyeri yang dirasakan pada bagian kepala. Nyeri ini berbeda dengan sakit kepala yang diderita sebelumnya. Biasanya sakit kepala akan berlangsung pada malam hari dan dalam waktu yang cukup lama. Bahkan dalam kondisi yang parah sakit kepala ini menimbulkan rasa enggan bergerak pada kepala, atau kepala menjadi sulit digerakkan. Selain itu kondisi dapat semakin parah disaat esok harinya karena adanya tekanan pada intrakranial.

  1. Mata Berkunang

Selain nyeri kepala yang berlangsung cukup lama. Penderita akan sering merasakan mata berkunang dengan penglihatan yang buram pada pagi dan malam hari. Kemampuan untuk melihat sekitar hanya dapat dilakukan secara normal dalam waktu sebentar saja. Pasien juga akan mengalami gangguan mata yang sebenarnya tidak lazim dirasakan seperti pandangan hanya bisa ke bagian depan, serta penglihatan semakin kabur. Bahkan jika kondisi semakin parah atau stadium meningkat dapat menyebabkan kebutaan.

  1. Hilang Kesadaran

Sekitar 15 % dari penderita kanker otak juga mengalami pingsan atau ketidaksadaran dalam jangka waktu tertentu. Kondisi ini bermula dari pandangan mata yang kabur dan mual akut yang dirasakan oleh penderita. Penderita akan mengalami ketidaksadaran dengan tidak bernapas hampir kurang dari satu menit.

  1. Gangguan Indera Pendengaran

Telinga juga terkena dampak apabila bersarang tumor di dalam otak. Rasa nyeri di kepala dapat menekan saraf telinga yang juga mengakibatkan gangguan pendengaran serta rasa sakit pada telinga. Rasa sakit ini disebabkan oleh tekanan tumor yang tidak mampu dibendung oleh otak sehingga beberapa organ lain seperti mata, telinga, dan tenggorokan akan merasakan efek berupa nyeri.

  1. Perubahan Mental

Pada kondisi kanker otak masih berada di stadium 1 agaknya akan menimbulkan perubahan mental secara ringan. Perubahan mood yang dimaksud adalah mudah emosi, labil, sering lupa, dan biasanya orang terdekat pasien yang lebih merasakan perubahan ini. Gejala ini diakibatkan kanker yang berada dalam otak menghambat sirkulasi oksigen yang membuat otak menjadi tidak mampu berinisiatif atau berpikir terlalu rumit.

Perubahan mental dialami secara drastis oleh pasien dalam waktu yang sangat singkat. Mulai dari perubahan kepribadian, gangguan penalaran dan konsntrasi, hingga tingginya keinginan untuk tidur. Gejala ini dapat berbahaya jika dibiarkan karena dapat menimbulkan depresi serta munculnya komplikasi penyakit lain karena emosi yang meningkat.

  1. Mual dan Muntah

Sekitar 30 % penderita kanker otak pada stadium 1 mengalami rasa mual di pagi hari serta terkadang berlanjut pada muntah. Mual dan muntah tersebut bersamaan dengan dirasakannya nyeri kepala oleh pasien. Ciri khas mual serta muntah yang dirasakan pada pasien kanker adalah terjadi secara tiba-tiba, meskipun tidak merasakan sakit sebelumnya. Cairan muntah juga harus diamati karena jika berwarna kehijauan, dapat menjadi indikasi adanya tumor di dalam otak.

  1. Tremor

Otak yang merupakan tempat berdiamnya seluruh sel saraf motorik memiliki peran vital. Jika terdapat gangguan pada otak berupa tumor maka seluruh saraf motorik juga akan terganggu. Tremor atau kejang merupakan salah satu ciri gejala kanker otak yang dapat terjadi pada pasien secara tiba-tiba. Penderita yang mengalami tremor biasanya disertai dengan menggigit lidah serta kehilangan kontrol pada beberapa organ tubuhnya. Kejang terjadi selama kurang dari 5 menit hingga kemudian penderita akan mengalami sakit kepala, mengantuk, dan sakit pada otot-ototnya.

Kanker otak stadium 1 mungkin lebih baik daripada kanker otak stadium lanjut karena Anda masih bisa menekan pertumbuhan sel kanker otak sejak dini dan peluang untuk sembuh jauh lebih besar. Jangan sepelekan beberapa gejala kanker otak stadium 1 yang timbul karena tidak ada yang tahu kondisi kesehatan diri Anda kecuali diri Anda sendiri dan tentunya dokter pribadi Anda.

Gejala Kanker Otak Stadium 1

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*