Gejala Kanker Otak Stadium Akhir

Gejala Kanker Otak Stadium Akhir

 

Gejala Kanker Otak Stadium Akhir – Kanker otak merupakan salah satu kanker ganas yang menyerang tubuh manusia di dalam sel otak. Adapun penggolongan kanker otak antara lain kanker otak stadium 1 dimana sel kanker ini masih terlihat normal dan pertumbuhan atau perkembangan kanker ini tergolong masih lambat, seperti halnya pada stadium 2.

Gejala Kanker Otak Stadium AkhirNamun untuk kanker otak stadium akhir, sel kanker sudah terlihat tidak normal lagi, dan untuk pertumbuhan kankernya sangatlah cepat. Waspadalah pada kanker otak, karena kanker ini sangatlah mematikan, hal ini terbukti berdasarkan penelitian lebih dari 50% kasus kanker otak berakhir dengan kematian.

Untuk gejala kanker otak stadium akhir yang sudah mulai menyebar ke hampir seluruh bagian tubuh lainnya, biasanya gejala yang dirasakan akan terasa lebih berat bagi pasien. Berikut ini adalah gejala kanker otak stadium akhir yang akan dirasakan pasien:

  1. Sakit kepala

Gejala ini memang bisa saja disebabkan oleh penyakit lainnya. Namun, jika seseorang sering sekali merasakan sakit kepala yang hebat, bisa jadi itu merupakan gejala pertumbuhan tumor di otak. Apalagi jika sakit kepala tersebut tidak kunjung hilang meskipun sudah minum obat sakit kepala.

  1. Tubuh menjadi lemah

Hal ini disebabkan tumor di otak menyebabkan sebagian tubuh terasa lemah atau sindrom paraneoplastic lainnya, seperti mati rasa atau rasa kesemutan di tangan dan kaki.

  1. Gangguan pendengaran

Di otak manusia terdapat satu bagian yang berfungsi untuk mengontrol pendengaran dan keseimbangan. Jika tumor yang menyebabkan kanker otak tumbuh di bagian ini, maka pasien pun akan mengalami gangguan pendengaran.

Pada pasien yang mengalami gejala ini kemampuan koordinasi tubuh pasien akan berkurang atau hilang sama sekali akibat adanya tumor yang mempengaruhi bagian otak tertentu yang bertugas menjaga fungsi motorik, seperti fungsi keseimbangan tubuh, koordinasi dan pergerakan tubuh.

  1. Kehilangan ingatan dan gangguan mental

Gejala ini disebabkan oleh sel kanker menggerogoti sel sehat di otak pasien secara masif. Satu demi satu sel otak yang berhubungan dengan ingatan akan rusak sehingga pasien akan mulai kehilangan ingatan. Bahkan, pasien bisa mengalami kemunduran mental dengan menunjukkan sifat yang aneh akibat rusaknya sel-sel di otaknya.

  1. Halusinasi

Pasien yang mengalami halusinasi akan merasakan sesuatu yang tidak benar-benar terjadi di dunia nyata. Hal ini disebabkan keberadaan kanker otak yang mengganggu fungsi sensorik di otak dalam mempersepsikan sesuatu hal. Akibatnya, pasien akan merasa mengalami sesuatu yang tidak benar-benar dia rasakan.

  1. Kejang

Gejala ini bisa jadi akibat adanya tekanan atau gangguan dari tumor yang tumbuh di otak. Kejang pada pasien kanker otak akan sangat berbahaya bagi pasien, karena pada saat kejang pasien akan kehilangan kemampuan bernapas selama 30 detik atau lebih.

  1. Mual dan muntah

Mual dan muntah yang dialami pasien kanker otak akan berbeda dibandingkan pada seseorang yang masuk angin atau penyakit ringan lainnya. Pada pasien kanker otak, gejala ini dirasakan secara tiba-tiba tanpa disertai gangguan kondisi kesehatan lainnya. Biasanya pasien akan mengalami gejala ini pada pagi hari.

  1. Muntah darah dan mimisan

Jika pasien sudah mengalami gejala ini, maka bisa berarti kanker otak yang dialaminya sudah semakin parah. Seorang pasien kanker otak bisa mengalami muntah darah sekali sehari. Mimisan yang dialami pasien pun bisa hingga 5 kali sehari, bahkan lebih banyak dari itu. Gejala ini menunjukkan kanker otak yang dialami telah mencapai stadium akhir dan bisa berujung pada kematian jika tidak segera diobati.

  1. Gangguan berbicara

Sel kanker yang tumbuh juga mengganggu saraf otak yang mengatur kemampuan berbicara. Hal ini menyebabkan pasien merasa kesulitan untuk berbicara.

  1. Perubahan kepribadian

Salah satu fungsi otak adalah mengatur perilaku, sifat dan cara berpikir. Oleh karena itu, jika tumor di otak mengganggu area yang mengatur hal ini, pasien bisa menunjukkan tanda-tanda perubahan perilaku yang tidak biasanya, seperti menjadi sangat pendiam atau sangat meledak-ledak secara mendadak.

  1. Kelainan hormonal

Di otak terdapat sebuah kelenjar yang terletak di bagian bawah otak. Kelenjar ini sangat vital dalam produksi dan pengaturan hormon tubuh. Jika terdapat tumor otak yang tumbuh di area ini, maka hormon tubuh pasien akan terganggu. Hal ini bisa menunjukkan gejala yang hampir seperti gejala kelainan endokrin.

  1. Berat badan turun drastis

Seperti gejala yang umum terjadi pada jenis kanker lainnya, pasien kanker otak juga bisa mengalami penurunan berat badan yang drastis. Penurunan berat badan yang drastis ini bisa disebabkan karena adanya gangguan pada sistem pencernaan pasien akibat keberadaan sel kanker yang semakin meluas. Nafsu makan pasien juga akan menurun sehingga bisa memperparah kondisi kesehatan pasien.

Itulah 12 Gejala Kanker Otak Stadium Akhir. Melihat gejala kanker otak stadium 4 yang sangat berbahaya, akan lebih baik lagi jika kita mulai mengubah pola hidup menjadi lebih baik dan seimbang. Misalnya, dengan rajin berolahraga, makan makanan yang bergizi dan sehat serta menghindari faktor-faktor penyebab kanker otak.

Gejala Kanker Otak Stadium Akhir

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*