Gejala Penyakit Oligodendroglioma

Gejala Penyakit Oligodendroglioma

Gejala Penyakit– Sebuah tumor baik jinak atau ganas. Tumor jinak dapat terus tumbuh tetapi sel-sel tidak menyebar dari situs aslinya. Dalam tumor ganas, sel-sel dapat menyerang dan merusak jaringan sekitarnya dan dapat spreadto bagian lain dari otak.

Dalam otak terdapat sel-sel saraf, dan sel-sel yang mendukung dan melindungi sel-sel saraf. Sel-sel pendukung disebut sel glial. Tumor ini dikenal sebagai glioma.

Gejala Penyakit– Oligodendroglioma adalah jenis glioma yang berkembang dari sel-sel yang disebut oligodendrocytes. Sel-sel ini menghasilkan meliputi lemak dari sel-sel saraf. Jenis tumor ini biasanya ditemukan di otak (area putih pada diagram di atas), terutama di lobus frontal atau temporal.

Gejala Penyakit Oligodendroglioma

Gejala Penyakit Oligodendroglioma

Oligodendrogliomas dibagi menjadi dua jenis:

  1. Sebuah tumor baik dibedakan, yang tumbuh perlahan-lahan.
  2. Sebuah oligodendroglioma anaplastik, yang tumbuh lebih cepat.

Orang dengan oligodendrogliomas tumbuh lambat mungkin memiliki gejala ringan selama beberapa tahun sebelum tumor ditemukan .

Gejala penyakit pertama dari setiap jenis tumor otak biasanya karena peningkatan tekanan dalam tengkorak ( peningkatan tekanan intrakranial ) . Hal ini mungkin disebabkan oleh penyumbatan dalam ventrikel ( ruang berisi cairan otak ) , yang mengarah ke penumpukan cairan serebrospinal ( CSF ) . CSF adalah cairan yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang . Gejala Penyakit- Peningkatan tekanan ini juga dapat disebabkan oleh pembengkakan di sekitar tumor itu sendiri .
Peningkatan tekanan intrakranial dapat menyebabkan sakit kepala , sakit ( muntah ) dan masalah visual. Fits ( kejang ) dan perubahan perilaku dan kepribadian juga bisa menjadi tanda-tanda umum dari tumor otak .
Oligodendrogliomas dapat tumbuh di berbagai bagian otak , dan gejala mungkin berhubungan dengan daerah otak yang terpengaruh :

  •  Sebuah tumor di lobus frontal otak dapat menyebabkan perubahan bertahap dalam suasana hati dan kepribadian . Ada juga mungkin paralysis ( ketidakmampuan untuk bergerak ) pada satu sisi tubuh. Ini disebut hemiparesis .
  •  Sebuah tumor di lobus temporal dari otak dapat menyebabkan masalah dengan koordinasi dan berbicara, dan hal itu dapat mempengaruhi memori Anda .

Gejala Penyakit- Oligodendroglioma adalah tumor langka yang berkembang di otak, hal ini terjadi karena  sel-sel yang terletak di jaringan ikat  mengelilingi sel-sel saraf otak. Telah ditetapkan bahwa laki-laki lebih rentan terhadap penyakit ini daripada perempuan.

Gejala Penyakit– Tidak ada cara untuk mengetahui apakah tumor adalah oligodendroglioma samping dari mengambil biopsi. Mereka sering mengambil bentuk mirip dengan telur goreng dan semacam membungkus sel-sel sehat. Gejala Penyakit Hal ini dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, dan kejang. Gejala Penyakit- Karena oligodendrogliomas dapat terjadi di mana saja di otak, mereka akhirnya dapat memiliki sejumlah gejala yang berbeda yang berhubungan dengan mereka. Misalnya, kehilangan penglihatan, masalah motor, dan bahkan kesulitan kognitif dapat mengakibatkan tergantung pada lokasi tumor.

Gejala Penyakit- Banyak ahli percaya bahwa oligodendrogliomas pada akhirnya dapat disembuhkan. Mereka cenderung tumbuh lambat dan sulit untuk menghapus sepenuhnya dan jadi kambuh hampir pasti. Tergantung pada “grade” dari tumor, korban biasanya hidup di mana saja dari 3-12 tahun (meskipun saya telah membuat hampir 30). Gejala Penyakit- Tentu saja rentang ini hanya semi-akurat sebagai keparahan dari jenis, tumor pengobatan, kesehatan umum pada saat diagnosis, dll, semua memiliki dampak yang signifikan terhadap tingkat kelangsungan hidup oligodendrogliomas dan semua jenis kanker dalam hal ini.

Gejala- gejala penyakit tumor otak oligodendroglioma sangat bergantung pada lokasi dari tumor itu sendiri.

Berikut ini beberapa gejala dari tumor otak oligodendroglioma :

  • Banyak orang akan mulai mengalami sakit kepala.
  • Sakit kepala akan semakin meningkat jika tumor otak oligodendroglioma semakin parah.
  • Banyak orang mungkin mengalami perubahan berdasarkan perilaku.
  • Perubahan ini mungkin termasuk perubahan kepribadian yang ditandai tingginya tingkat iritabilitas, depresi, dan bahkan agresif.
  • Tantangan kognitif terjadi.
  • Tantangan-tantangan ini dapat mencakup masalah dengan konsentrasi dan komplikasi dengan memori.
  • Mengalami komplikasi fungsi motorik.
  • Termasuk kelemahan dan kelumpuhan  dalam tubuh, tantangan dengan berjalan dan masalah dengan berbicara.
  • Mengalami kejang-kejang.
  • Masalah dengan perut dan kandung kemih.

Penyakit selalu ada di mana-mana mulai dari tingkat yang tidak berbahaya hingga berbahaya. Anda harus memahami gejala-gejala penyakit tumor otak oligodendroglioma agar lebih mudah diobati jika sudah terdeteksi sejak awal. Jangan biarkan diri Anda terkena penyakit yang lebih berbahaya lagi seperti kanker otak.

 

Gejala Penyakit Oligodendroglioma

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*