Jenis Kanker Otak

Jenis Kanker Otak

Jenis Kanker Otak– Kanker otak adalah salah satu penyakit yang timbul akibat adanya massa sel-sel tumor pada otak yang tumbuh abnormal dan tidak terkendali. Sebelum seorang calon penderita terkena kanker otak, umumnya seseorang tersebut memiliki kepemilikkan sel-sel tumor otak jinak. Seiring berjalannya waktu, sel tumor otak jinak tersebut tumbuh membesar dan kemudian menekan jaringan otak. Karena tekanan pada jaringan otak tersebut, kanker otak pun kemudian menimbulkan gejala-gejala pada si penderitanya. Jenis Kanker Otak– Gejala-gejala yang timbul dipengaruhi oleh tingkat stadium yang sudah dialami oleh si penderita dan jenis-jenis kanker otak yang diderita.

Jenis Kanker Otak– Secara umum, berdasarkan awal mula serangannya kanker otak dibedakan menjadi 2 jenis. kanker yakni kanker otak primer (yaitu bermula di otak) dan kanker otak sekunder (bermula pada organ lain dalam tubuh seperti paru-paru atau payudara dan kemudian menyebar ke otak).

Kanker otak primer umumnya diawali oleh pertumbuhan sel tumor pada salah satu jenis jaringan di dalam otak dan atau sumsum tulang belakang. Berdasarkan awal mula pertumbuhan sel tumornya, jenis-jenis kanker otak dibagi menjadi kanker glioma, meningioma,  medulloblastomas, gangliogliomas, dan schwannomas (neurilemomas). Berikut adalah pembahasan mengenai jenis-jenis kanker otak tersebut.

Jenis Kanker Otak

Jenis Kanker Otak

  1. Glioma

Jenis Kanker Otak– Glioma adalah jenis kanker yang tumbuh dan bermula dari dalam sel glial. Jenis kanker glioma terbagi menjadi beberapa jenis yaitu astrocytomas, glioblastoma, ependymomas, dan oligodendrogliomas. Kanker otak glioma merupakan jenis kanker yang paling sering terjadi, sekitar 40% kasus kanker otak disebabkan jenis kanker ini dan 80% kasus kanker otak ganas disebabkan oleh jenis kanker glioma.

2.  Meningioma

Jenis Kanker Otak- Meningioma adalah jenis kanker otak yang timbul dari bagian meninges. Meninges adalah jaringan yang melapisi bagian luar otak dan sumsum tulang belakang. Kanker otak meningioma merupakan penyebab terbesar pada kanker otak primer dan kanker sumsum tulang belakang dengan nilai >30%.  Kanker otak yang paling sering menyerang pada orang dewasa ini, risiko serangannya meningkat seiring bertambahnya usia. Kanker otak meningioma terjadi dua kali lebih sering pada wanita. Pada beberapa kasus, kanker ini bersifat genetik artinya dapat diturunkan melalui garis keturunan.

Jenis Kanker Otak- Kanker meningioma menyebabkan gejala-gejala yang hampir sama dengan gejala kanker otak pada umumnya. Gejala serangannya ialah dengan menekan bagian otak atau saraf tulang belakang. Sekitar 80% kanker meningioma disebabkan oleh tumor jinak sehingga tahapan penyembuhannya menjadi lebih mudah. Jenis Kanker Otak- Kanker meningioma dapat disembuhkan melalui operasi beberapa kali saja. Kendati demikian, tumor pada kanker meningioma jika tumbuh dekat dengan jaringan vital dalam otak menjadi sulit untuk disembuhkan. Sejumlah kecil (20%) kanker meningioma disebabkan oleh tumor ganas dan mungkin kembali timbul berkali-kali setelah dilakukannya operasi.

3.  Medulloblastomas

Jenis Kanker Otak- Medulloblastomas adalah kanker yang bermula dari pertumbuhan  sel tumor di bagian sel saraf primitif (neuroectodermal) pada otak kecil. Sel tumor yang tumbuh pada bagian otak ini adalah sel tumor yang tumbuh cepat  dengan tingkat penyebaran hampir ke seluruh jalur cairan serebrospinal. Pertumbuhan sel tumor ini dapat dihentikan bahkan dilenyapkan melalui terapi radiasi dan kemoterapi. Jenis Kanker Otak- Kanker medulloblastomas lebih sering terjadi pada anak-anak dibanding pada orang dewasa.

4.  Gangliogliomas

Jenis Kanker Otak- Gangliogliomas adalah jenis kanker yang menyerang neuron dan sel glial dalam otak. Jenis kanker ini lebih mudah diobati dibanding jenis kanker otak lainnya. Dengan operasi yang dikombinasikan dengan radioterapi, kanker gangliogliomas sudah dapat disembuhkan. Jenis Kanker Otak- Kanker yang sangat jarang menyerang pada orang dewasa ini, merupakan jenis kanker yang jarang ditemui.

5.  Schwannomas (neurilemomas)

Jenis Kanker Otak- Schwannomas adalah jenis kanker yang bermula pertumbuhan sel tumor di sel Schwann. Sel schwann adalah sel-sel pada bagian pembentuk saraf perifer seperti saraf mielin, saraf tengkorak, dan saraf-saraf lainnya. Sel tumor schwannomas biasanya adalah sel tumor yang jinak. Paling sering sel tumor schwannomas timbul dan bermula dari saraf kranial. Saraf kranial adalah saraf yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan antara otak besar dan otak kecil. Sel kranial juga disebut neuromas akustik atau schwannomas vestibular. Pada beberapa kasus, sel tumor schwannomas juga bermula dari saraf tulang belakang.

 

Jenis Kanker Otak

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*