KANKER OTAK DAN GEJALANYA

KANKER OTAK DAN GEJALANYA

kanker otak dan gejalanya

kanker otak dan gejalanya

 

Kanker otak umumnya dinamai sesuai dengan jaringan di mana mereka muncul. Mayoritas adalah glima yang timbul dari sel-sel glial dalam otak. Ini termasuk astrocytomas, oligodenrogliomas, ependymomas dan jenis sel campuran glioma. Bentuk-bentuk lain dari kanker otak adalah meningioma, meduloblastomas, chordomas dan limfoma sistem nervious pusat.

Kanker otak bisa tumbuh pesat (tingkat tinggi), seperti multiforme glioblastoma atau tumbuh perlahan (tingkat rendah), seperti astrocytoma pilocytic. Kanker dari organ lain dapat menyebar ke otak dan disebut metastasis otak. Metastasis otak terdiri dari sel-sel kanker dari tempat asal kanker, seperti sel-sel kanker paru-paru dan sel-sel kanker payudara.

Usia Serangan

Bayi juga dilaporkan memiliki kanker otak. Namun, resiko meningkat setelah usia 35 tahun. Pada masa kanak-kanak, kanker otak primer dan sumsum tulang belakang adalah penyebab utama kedua kematian akibat kanker.

Gejala Kanker Otak

Gejala kanker otak umumnya tidak mudah terdeteksi karena target serangan kanker berada di otak, organ yang tidak terlihat dari luar. Meski begitu, ada beberapa indikasi yang bisa diperhatikan untuk menentukan apakah seseorang tengah mengalami gejala kanker otak atau tidak.

Gejala-gejala yang paling umum dari kanker otak adalah kelemahan, kesulitan berjalan, seizures, dan sakit-sakit kepala. Gejala-gejala umum lain adalah mual, muntah, penglihatan kabur, atau perubahan pada kesiap-siagaan seseorang, kapasitas mental, memori, kemampuan berbicara, atau kepribadian. Gejala-gejala ini dapat juga terjadi pada orang-orang yang tidak mempunyai kanker otak, dan tidak satupun dari gejala-gejala ini sendirian atau dalam kombinasi dapat memprediksi bahwa seseorang mempunyai kanker otak. Kanker-kanker otak yang sedikit menghasilkan sedikit atau tidak ada gejala-gejala.

Beberapa gejala kanker otak yang mudah ditemui sebagai berikut:

•           Mudah mengalami sakit kepala

Sakit kepala yang berkepanjangan dan datang berulang-ulang bisa menjadi gejala kanker otak.

•           Mudah mual

Sering mual juga bisa menjadi gejala kanker otak.

•           Tubuh lemas

Penderita kanker otak biasanya mengalami tubuh lemas. Untuk itu, jika tubuh mudah lemas meski tidak mengerjakan pekerjaan berat, hal ini perlu diwaspadai.

•           Sulit berjalan

Kanker otak- Pengidapjuga akan mengalami kondisi sulit berjalan. Tiap akan berjalan rasanya sempoyongan. Gejala kanker otak ini disebabkan karena pengontrol aktivitas tubuh dalam otak terganggu oleh kehadiran sel-sel kanker.

•           Sulit mendengar dan melihat

Terjadi perubahan juga dalam indra pendengaran dan penglihatan. Penderita akan mengalami penurunan daya dengar dan daya lihat. Gejala kanker otak ini akan bertambah parah seiring dengan bertambah parahnya sel-sel kanker mengerogoti otak.

•           Mati rasa di kaki dan tangan

Gejala kanker otak juga ditandai dengan terjadinya mati rasa pada kaki dan tangan. Kedua organ tersebut mengalami gangguan karena saraf pusatnya juga tengah diganggu oleh sel kanker.

•           Sulit berkonsentrasi

Serangan pada otak membuat penderita juga mengalami kesulitan berkonsentrasi. Ini akan membuat penderita sulit untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan baik karena hilangnya konsentrasi.

•           Menurunnya daya ingat dan respon

Penderita kanker otak otomatis juga akan mengalami penurunan daya ingat serta respon tubuh. Hal ini dipengaruhi bermasalahnya organ otak yang mulai “dikuasai” sel kanker.

•           Menurunnya daya penciuman

Selain indra pendengaran dan penglihatan yang menurun, gejala kanker otak juga terlihat pada menurunnya daya penciuman. Penderita sulit mempertahankan daya penciuman seperti sebelumnya.

•           Lumpuh pada sebagian wajah atau badan

Pada kondisi tertentu, penderita juga bisa mengalami kelumpuhan pada sebagian wajah atau sebagian tubuhnya. Ini menandakan bahwa salah satu otak tengah mengalami serangan hebat dari sel kanker.

•           Kantuk yang berkepanjangan

Ini juga bisa menjadi gejala kanker otak. Orang yang mengalami kantuk yang berkepanjangan, meski sudah cukup tidur, bisa menjadi indikasi ada sesuatu yang tidak normal pada otak.

•           Berhentinya haid secara tidak normal

Bagi wanita, berhentinya haid secara tidak normal juga perlu diwaspadai. Sebab bisa jadi hal itu menunjukkan terjadinya gejala kanker otak atau bisa jadi jenis kanker lainnya.

Mungkin jika yang terjadi hanya salah satu gejala di atas, hal itu belum sampai mengarah pada terjadinya kanker otak. Namun jika sudah terjadi beberapa gejala sekaligus, sebaiknya cepat memeriksakan diri karena sangat mungkin itu merupakan gejala kanker otak.

Perawatan Untuk Kanker Otak

Rencana perawatan dibuat perorangan untuk setiap pasien kanker otak. Rencana perawatan dibangun oleh dokter-dokter yang spesialisasi dalam kanker otak, dan perawatan-perawatan bervariasi secara luas tergantung pada tipe kanker, lokasi otak, ukuran tumor, umur pasien, dan keadaan kesehatan umum pasien. Bagian utama dari rencana juga ditentukan oleh kehendak-kehendak pasien. Pasien-pasien harus mendiskusikan opsi-opsi (pilihan) perawatan dengan dokter-dokter mereka.


Kanker Otak Dan Gejalanya

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*