Kanker Otak Kecil

Kanker Otak Kecil

Sebelum cari tahu apa itu kanker otak kecil, alangkah baiknya kita tahu apa itu otak kecil dan apa saja fungsinya, Otak merupakan pusat kehidupan. semua kegiatan kehidupan, sampai yang sekecil-kecilnya, cuma dapat berlangsung melewati mekanisme yang diatur oleh otak. dalam waktu yang berbarengan otak mesti menggerakkan beribu-ribu kegiatan sekalian. kanker otak kecil contohnya, waktu kita jalan di pinggir jalan yang ramai, maka otak mengatur supaya kaki mengambil langkah, mengatur mata untuk lihat panorama serta kondisi lebih kurang sekalian menyimpannya saat memori, menyuruh telinga menangkap beragam nada yang masuk sekalian menaruh, menafsirkan, serta meresponsnya.

Otak merupakan pusat koordinasi dalam tuubuh manusia. Otak terdapat didalam rongga tengkorak, yang tapatnya di depan sumsum tulang belakang,dan diselubungi oleh selaput meninges. Selaput ini dibagi menjadi 3 bagian, yaitu lapisan terluar (durameter), lapisan tengah (arachnoid), dan lapisan dalam yang melekay pada otak adalah (piameter). Kanker Otak Kecil

Kanker Otak Kecil– Otak adalah bagian organ tubuh manusia yang memegang peranan penting dalam kehidupan. Otak merupakan pusat dari segala aktivitas, hingga yang sekecil-kecilnya. Otak menjalankan beribu-ribu aktivitas sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

Secara garis besar otak terbagi atas tiga bagian, yaitu otak besar (cerebrum), otak kecil (cerebellum), dan batang otak (brain stem). Masing-masing bagian terbagi lagi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, lebih kecil lagi, dan lebih kecil lagi. Kanker Otak Kecil

Kanker Otak Kecil– Waktu tiba-tiba mendengar nada klakson dari belakang maka secepat kilat otak menyuruh kaki meloncat ke pinggir, menyuruh leher menoleh ke belakang, menyuruh mata membelalak, menyuruh otot-otot menegang untuk menangani kondisi darurat, menyuruh jantung memompa darah lebih kencang, menyuruh hidung terus bernafas, serta ada banyak lagi yang perlu diaturnya.

Otak kecil (serebelum) adalah bagian otak yang terletak tepat di atas batang otak pada sisi belakang otak. Hal ini membuatnya relatif lebih terlindungi dari trauma dibandingkan dengan lobus frontal dan temporal dan batang otak. Otak kecil terlibat dalam koordinasi gerakan motorik sadar, keseimbangan, dan posisi tubuh. Kanker Otak Kecil

Fungsi Otak Kecil

  1. mengatur sikap atau posisi tubuh
  2. keseimbangan, dan koordinasi gerakan otot yang terjadi secara sadar

Jika terjadi cedera pada otak kecil, dapat mengakibatkan gangguan pada sikap dan koordinasi gerak otot. Gerakan menjadi tidak terkoordinasi.

Kanker otak kecil merupakan penyakit yang sangat mematikan, kanker ini menyerang jaringan otak yang dapat menyebabkan terganggunya fungsi jaringan otak seperti kontrol otot, sensasi, memori, dan fungsi-fungsi tubuh normal lainnya. Perlu diketahui volume rongga tengkorak sangat terbatas sehingga menyebabkan rasa sakit di kepala atau pusing jika kanker yang menyerang jaringan otak terus berkembang dan terus bertambah besar. Jika itu memang dirasakan maka kemungkinan merupakan gejala awal dari kanker otak kecil. Penyebab dari timbulnya penyakit kanker otak kecil ini bisa dari faktor keturunan, pola hidup yang tidak sehat, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung karsinogen aktif, radikal bebas, dan radiasi atau Penyinaran oleh sinar X.

Kanker Otak Kecil

Kanker Otak Kecil

Penyakit kanker otak kecil termasuk dari salah satu penyakit yang susah terditeksi, tapi penyakit kanker otak kecil ini memiliki beberapa gejala yang paling umum seperti kepala terasa sakit atau pusing dan mual serta muntah. Dan gejala lain dari penyakit ini adalah sebagai berikut ini :

  1. Sakit kepala (menetap di daerah tertentu) disertai mual sampai muntah yang menyemprot.
  2. Daya penglihatan berkurang.
  3. Penurunan kesadaran.
  4. Gangguan berbicara.
  5. Gangguan pendengaran.
  6. Gangguan berjalan/keseimbangan tubuh (bila tumor atau kanker terdapat di otak kecil).
  7. Gangguan saraf.
  8. Anggota gerak melemah atau kejang.

Jika terdapat di daerah frontal atau bagian depan otak, di mana banyak terdapat fungsi intelektual dan perasaan, maka bisa mengalami gangguan dalam fungsi intelektual termasuk daya ingat.

Semua gejala ini dirasakan karena matinya sel saraf di otak, otak merupakan organ paling utama dalam hidup manusia, jika otak rusak akibat kanker maka organ yang lain pun tidak akan berfungsi pada semestinya, peristiwa ini yang membuat penderita mudah terbunuh. Orang-orang tertentu yang bekerja di kilang minyak, ahli kimia, orang yang membalsem, atau pekerja industri karet mempunyai resiko lebih tinggi terserang penyakit kanker otak.

 

Kanker Otak Kecil

 

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*