Meduloblastoma Adalah

Meduloblastoma Adalah

Meduloblastoma– Kanker otak adalah kanker yang disebabkan karena adanya sel di otak yang membesar secara abnormal. Sama seperti jenis kanker lainnya, kanker otak juga dikenal sebagai jenis kanker yang membunuh diam-diam. Kanker ini kadang sulit dideteksi. Namun, gejala umum kanker otak dapat dilihat dan dirasakan. Sebagai contoh adalah kepala pusing dan mual muntah yang sering terjadi pada penderita. Selain itu juga, kanker otak biasanya juga menimbulkan tekanan dan rasa ketidakpercayaan diri pada penderita.

Seperti kanker lainnya, kanker  otak  juga merupakan  salah  satu  penyakit  yang  mematikan  dan  berbahaya. Meduloblastoma– Kanker  otak menyerang  otak  pada  bagian  luarnya  yakni  tiga  bagian  lapis  selaput  otak  dan  bagian  tulang tengkorak. Pada dasarnya kanker yang menyerang bagian tersebut umumnya kanker yang jinak. Tetapi, tetap saja sangat berbahaya, karena jelas bagian yang diserang adalah otak, maka ini sangat berbahaya. Karena dapat merusak dan mengganggu  fungsi  struktur  susunan  saraf  pusat  yang  terletak  didalam  rongga  tengkorak.

Meduloblastoma Adalah

Meduloblastoma Adalah

Meduloblastoma– Dengan  berkembangnya  kanker tersebut maka  jaringan  otak  akan  semakin  tertekan. Dan  kita perlu tahu bahwa volume  rongga  tengkorak  sangat  terbatas  sehingga menyebabkan  rasa  sakit  dikepala atau pusing. Jika itu memang dirasakan, maka kemungkinan merupakan gejala awal dari kanker otak.

Salah stu jenis kanker otak yaitu Medulloblasdermal

Medulloblastomas adalah kanker yang bermula dari pertumbuhan  sel tumor di bagian sel saraf primitif (neuroectodermal) pada otak kecil. Sel tumor yang tumbuh pada bagian otak ini adalah sel tumor yang tumbuh cepat  dengan tingkat penyebaran hampir ke seluruh jalur cairan serebrospinal. Pertumbuhan sel tumor ini dapat dihentikan bahkan dilenyapkan melalui terapi radiasi dan kemoterapi. Jenis Kanker Otak- Kanker medulloblastomas lebih sering terjadi pada anak-anak dibanding pada orang dewasa.

Meduloblastoma adalah jenis tumor otak yang terjadi pada bayi dan anak kecil.Itu mewakili 20% dari semua kanker SSP pediatrik,menurut definisi meduloblastoma terjadinya di cerebellum yang merupakan bagian belakang otak yang mengontrol berjalan,keseimbangan dan koordinasi motorik.

Meduloblastoma rata rata terjadi pada anak2 kurang dari usia 15th dan yang paling sering pada usia 5-6th dan 20% terjadi pada bayi kurang dari 2 th.Penyakit ini kecenderungan terjadi pada anak laki2 dari pada perempuan.
Tidak jelas apakah penyakit ini terjadi karena keturunan ataukah tidak tetapi meduloblastoma terjadinya karena kelainan kromosom tertentu yang terjadi dibeberapa titik selama perkembangan anak.Salah satu penyebabnya adalah adanya virus tapi teori ini masih dalam penyelidikan.

Gejala yang paling umum adalah mual hingga muntah,sakit kepala, perubahan visula misalnya penglihatan ganda,terkadang jika berjalan goyang maka anak2 dengan meduloblastoma menjadi perhatian oleh orang tua dan gurunya.Terjadinya muntah yang terus menerus disebabkan tingginya tekanan intrakranial akibat dari tersumbatnya jalur penting untuk aliran serebospinal. Gejalanya antara lain sebagai berikut :

  • Sifat lekas marah (Ditemukan pada Anak)
  • Kelemahan (Ditemukan pada Anak)
  • Kelelahan (Ditemukan pada Anak)
  • Perubahan Perilaku (Ditemukan pada Anak)
  • Perubahan Kepribadian (Ditemukan pada Anak)
  • Masalah Penglihatan
  • Muntah
  • Mual
  • Sakit kepala (Di Pagi Hari)
  • Kesulitan Berjalan
  • Bicara Cadel
  • Menyentak – Mata
  • Kekakuan – Leher
  • Kelemahan – Otot

 

Siapa saja yang beresiko tinggi mengalami penyakit  Meduloblastoma  :

  • Anak-anak
  • Anak-anak Bawah 5
  • Anak laki-laki

Meduloblastoma- Pengobatan Tumor Otak

Sebenarnya, artikel yang membahas “Pengobatan untuk Tumor Otak” ingin saya sendirikan, berhubung materi dan catatannya masih berserakan dimana- mana. Tetapi tidak ada salahnya sedikit saya berikan “sinopsisnya”.

Meduloblastoma- Pengobatan tumor otak memiliki beberapa pilihan pengobatan, tetapi tergantung dari tingkat/ stadium tumor.  Bisa dengan jalan pembedahan, radioterapi, atau kemoterapi. Setiap tahapan pengobatan, mungkin terdapat perawatan paliatif. Perawatan paliatif adalah perawatan untuk meringankan gejala nyeri dari kanker, yang lebih berupa dukungan atau motivasi kepada pasien. Kemudian setiap keluhan yang timbul ditangani dengan pemberian obat untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri. Pengobatan ini ditunjukkan lebih kepada penanganan keluhan dan gejala. Meduloblastoma- Bukan kepada penyakit utamanya. Perawatan ini dilakukan dengan kerjasama antara dokter, perawat, psikolog, terapis, dan profesi- profesi lain yang diperlukan untuk menurunkan masalah emosional.

 

Meduloblastoma Adalah

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*