Pencegahan Tumor Otak

Pencegahan Tumor Otak

 

Pencegahan Tumor Otak – Tumor otak adalah jaringan abnormal yang timbul akibat pertumbuhan sel yang tidak normal di dalam otak. Ada banyak jenis tumor otak, beberapa di antaranya bersifat jinak dan ada pula yang bersifat ganas. Tumor otak dapat berasal dari jaringan sel otak atau tumor otak primer. Tumor otak dapat pula berasal dari tumor ganas di bagian tubuh lain yang menyebar ke otak. Tumor jenis ini disebut sebagai tumor sekunder atau metastatis.

Gejala yang ditimbulkan akan berbeda-beda pada setiap orang. Begitu pula dengan ukuran tumor yang tumbuh. Gejala tumor otak sangat tergantung pada lokasi tumor. Misalnya, tumor terletak di bagian otak yang berfungsi mengontrol gerak lengan dan penglihatan. Maka gejalanya adalah lengan yang lemah atau sulit digerakkan dan penglihatan yang kabur.

Akan tetapi, ada beberapa gejala umum yang perlu dicurigai adanya tumor otak. Berikut 7 gejala umum tumor otak:

  1. Kejang

Adanya tumor akan menganggu saraf di otak. Akibatnya, seseorang bisa mengalami kejang, padahal tidak memiliki riwayat epilepsi. Kejang yang terjadi tak harus kejang pada seluruh tubuh, tetapi bisa saja hanya pada salah satu anggota tubuh ataupun bagian wajah.

  1. Gerakan canggung

Tiba-tiba Anda sering canggung atau kikuk ketika melakukan sesuatu. Misalnya, sulit menjaga keseimbangan saat melangkah. Mengalami masalah bicara, sulit mengendalikan ekspresi di wajah juga bisa menjadi tanda tumor otak.

  1. Mati rasa

Mati rasa juga menjadi gejala umum tumor otak. Mati rasa bisa terjadi pada salah satu bagian tubuh saja maupun wajah. Hal ini bisa terjadi ketika tumor terletak di bagian otak yang menghubungkan dengan saraf tulang belakang.

  1. Penurunan memori atau berpikir

Tumor otak umumnya membuat seseorang mengalami masalah memori dan kemampuan berpikir. Misalnya, sulit mengingat suatu hal, kebingungan, atau tidak bisa menangkap suatu informasi dengan baik.

  1. Mual

Mual merupakan gejala umum dari berbagai penyakit, termasuk tumor otak. Apabila merasa mual atau sakit perut yang disertai beberapa gejala yang sudah disebutkan sebelumnya, waspadai tumor otak.

  1. Penglihatan menurun

Tumor otak umumnya akan memengaruhi penglihatan seseorang. Gangguan penglihatan bisa berupa pandangan kabur, penglihatan ganda, bahkan hingga kehilangan seluruh penglihatan.

  1. Sakit kepala

Sakit kepala merupakan gejala umum dari tumor otak. Meski demikian, tak semua orang akan mengalami sakit kepala pada awal kemunculan tumor otak. Sakit kepala bisa saja baru dirasakan setelah tumor sudah membesar.

Pencegahan Tumor Otak

Gejala Tumor Otak

Resiko penyakit ini bisa merusak sistem tubuh yang di kendalikan oleh impuls listrik berasal dari otak. Beberapa dampak dari penyakit yang menyerang otak ini bisa menyebabkan kesulitan dalam berbicara, kesulitan dalam berjalan, dan adanya beberapa hambatan dalam menggerakkan tubuh.

Lantas, apakah bisa melakukan pencegahan tumor otak ? Seperti apakah cara pencegahan tumor otak ? Berikut adalah beberapa cara pencegahan tumor otak :

  1. Selalu melakukan check up rutin

Jika dalam riwayat kesehatan keluarga anda ada yang pernah mengidap tumor otak, sebaiknya anda melakukan tes kesehatan rutin. Dengan melakukan check up ke dokter minimal setiap 4 sampai 6 bulan sekali untuk melakukan scan otak. Tujuannya adalah untuk melihat kromosom apakah adanya gangguan atau munculnya daging tumbuh yang ganas.

  1. Jangan merokok

Rokok adalah salah satu aktivitas yang membahayakan tubuh. Rokok bisa menyebabkan resiko terkena tumor otak. Karena asap yang di hasilkan oleh rokok mengandung racun yang berbahaya. Jika mnegenai otak bisa menyebabkan resiko tumor otak. Selain itu, asap rokok ini juga bisa menyebabkan seseorang terserang penyakt jantung koroner. Waspadai juga efek samping rokok.

  1. Hindari paparan radiasi

Untuk menghindari terkena resiko tumor otak bisa melakukan beberapa aktvitas. Salah satunya adalah menghindari paparan radiasi. Banyak jenis radiasi yang bisa menyebabkan seseorang terkena tumor otak. Misal radiasi sinar ultraviolet, sinar gamma, dan lain sebagainya. Sebaiknya menggunakan handsfree bila sering menggunakan telepon seluler dalam waktu lama dan tetap gunakan pelindung ketika berada di lingkungan seperti itu.

  1. Hindari bahan kimia

Bahan – bahan kimiawi seperti pengawet buatan, pemanis buatan, perisa buatan bisa menyebabkan seseorang terkena tumor otak. Sebab bahan bahan seperti ini tidak baik jika di konsumsi oleh tubuh. Apalagi dalam jumlah yang banyak dan berlebihan. Misalnya makanan instan, seperti mie instan, makanan ringan yang memiliki rasa pekat dan warna mencolok cenderung berbahaya jika di konsumsi oleh tubuh.

  1. Biasakan pola hidup sehat

Untuk mencegah sakit tumor otak, perlu pembiasaan pola hidup sehat. Misalnya dengan tidur tidak terlalu malam, makan makanan sehat yang kaya akan nutrisi, rutin melakukan olah raga. Hal ini bisa menyebabkan seseorang tetap sehat dan fit. Hidup sehat akan menghindarkan anda dari berbagai penyakit.

  1. Banyak konsumsi air putih

Cara lain yang bisa di lakukan untuk mengurangi resiko tumor otak adalah dengan pembiasaan konsumsi air putih. Sebab air putih ini tidak memiliki rasa, bau, dan bahan – bahan yang berbahaya. Jadi pengolahannya dalam tubuh cepat. Selain itu konsumsi air putih bisa berguna untuk menetralisir racun yang ada dalam tubuh. Juga baik untuk kesehatan ginjal. Air puth ini juga bisa jadi terapi air putih yang baik untuk tubuh

Itulah beberapa cara pencegahan tumor otak yang bisa di lakukan agar kita bisa terhindar dari resiko tumor otak.  Tetap jaga kesehatan degan konsumsi makanan yang bergizi, atur pola tidur dan senantiasa untuk berolahraga. Ke tiga hal ini adalah kegiatan rutin yang paling baik di lakukan setiap hari.

Pencegahan Tumor Otak

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*