Pengobatan Kanker Otak Ada dua Metode

Pengobatan Kanker Otak Ada dua Metode

Kanker otak merupakan penyakit tidak menular yang cukup mematikan. Penyakit ini menyerang otak sehingga keberadaannya sulit terdeteksi. Meski sulit terdeteksi, namun kanker otak dapat  dideteksi melalui CT-scan, MRI, angiogram, myelogram, spinal tap dan biopsy. Ada 2 faktor yang mempengaruhi terjadinya kanker otak, yaitu internal atau keturunan dan faktor eksternal akibat benturan di kepala. Pola hidup tidak sehat, bahan karsinogenik dan radiasi dapat memperkuat timbulnya kanker otak pada seseorang.

Bila Anda divonis terkena kanker otak, jangan takut, berikut beberapa pilihan terbaik pengobatan kanker otak yang tersedia saat ini, secara medis maupun alternatif. Faktanya, kanker otak bisa disembuhkan dengan pengobatan kanker otak dan perawatannya dengan benar.

Mendengar berbagai kata seperti operasi, kemoterapi, dan radiasi, bisa jadi membuat Anda bergidik membayangkan proses pengobatan kanker otak yang dikenal melelahkan dan menyakitkan ini. Namun, tahukah Anda? Dunia pengobatan kanker otak saat ini semakin berkembag.

Pengobatan Kanker Otak Ada dua Metode

Pengobatan Kanker Otak Ada dua Metode

Pengobatan Kanker Otak Konvensional

Berbagai metode pengobatan kanker otak konvensional tidak lagi hanya berkisar pada 3 metode ortodoks tersebut. Misalnya, berbagai obat-obatan kanker terkini, dapat digunakan pada penderita kanker otak, dimana serangan hanya ditargetkan pada sel kankernya saja, tanpa memengaruhi sel-sel Anda yang normal.

Pada beberapa kasus, misalnya pada stadium lanjut, pengobatan kanker otak boleh jadi dikombinasikan dengan berbagai metode medis lainnya yang kini tidak merusak kualitas hidup Anda dengan efek samping yang ditimbulkannya, seperti yang terjadi pada mereka yang menjalani metode pengobatan kanker ortodoks yang rupanya, kini sudah dianggap kuno oleh beberapa pakar kesehatan.

Metode pengobatan kanker otak  modern ini dikenal dengan metode minimal invasif. Meskipun tingkat efektivitas metode pengobatan kanker ini cukup tinggi, sangat disayangkan bahwa tidak semua penderita kanker bisa melakukannya. Faktor utama yang menjadi kendalanya adalah hanya sedikit dokter yang dapat melakukan metode tersebut, sehingga Anda harus mencari dengan sungguh-sungguh dokter ahli yang dapat melakukan hal tersebut.

Pengobatan kanker otak dengan cara bedah mengurangi jumlah sel kanker otak dan juga menyediakan ahli patologi (dokter yang melihat jaringan di bawah mikroskop) dengan jaringan untuk mendiagnosis dengan tepat jenis kanker otak. Pasien yang mengalami peningkatan tekanan di dalam tengkorak karena kanker otak kadang kala perlu untuk memiliki shunt dimasukkan melalui pembedahan mulai dari dalam tengkorak ke perut. Shunt ini mengalirkan beberapa cairan dalam tengkorak dan kemudian mengurangi beberapa tekanan di dalam tengkorak.

Beberapa bentuk pengobatan kanker otak konvensional, diantaranya :

1.       Radioterapi

sering diberikan setelah diagnosis kanker otak dibuat. Radioterapi terdiri dari sinar energi tinggi ditujukkan pada kanker dan jaringan sekitarnya. Biasanya 5 hingga 8 minggu radioterapi diberikan. Pasien mungkin mengalami rambut rontok dan sering lesu selama periode pengobatan kanker otak berlangsung.

2.       Kemoterapi

Kanker otak yang tumbuh cepat merespon lebih baik terhadap pengobatan kanker otak secara kemoterapi dibandingkan dengan kanker otak yang tumbuh lambat. Pasien yang mengalami kembali setelah operasi dan radioterapi atau pasien yang kankernya tidak merespon dengan baik terhadap radioterapi disarankan untuk kemoterapi. Obat kemoterapi diberikan secara oral maupun dengan suntikan.

3.       Prognosis Kanker Otak

Pemeriksaan klinis, sinar X dan laporan patologi semua membantu tim medis memutuskan apa perkembangan kasus individu kanker otak yang mungkin. Kemudian, pengobatan kanker otak yang tepat akan dilakukan. Strategi pengobatan bervariasi dari orang ke orang. Dengan pengobatan kanker otak yang tepat dan sesuai, gambaran seseorang dengan kanker otak menjadi masuk akal. Dokter mencari ciri-ciri tertentu. Pasien muda bertahan lebih lama dibandingkan pasien yang lebih tua dengan kanker otak. Ciri-ciri lain yang penting adalah jenis kanker otak yang tepat pasien, sejauh mana fungsi otak terpengaruh kanker dan apakah kanker dapat dioperasi.

Sebuah keajaiban bagi sebagian orang telah menjadi pengobatan kanker otak di luar negeri. Di Amerika Utara dan beberapa negara Eropa, waktu tunggu untuk pengobatan dan biaya keseluruhan adalah begitu kuat bahwa itu negatif mempengaruhi kemungkinan bertahan hidup. Tapi ada banyak negara asing di mana pasien dapat menerima perawatan pada kecepatan jauh lebih cepat dan dapat diandalkan, dan dengan biaya yang lebih wajar.

Mendapatkan perawatan di luar negeri tidak berarti bahwa Anda akan harus menerima perlakuan yang kurang efektif. Ada banyak negara asing dengan pusat kesehatan yang sangat mampu dengan profesional yang dilatih di Inggris atau Amerika Serikat dan memiliki tingkat keberhasilan yang baik dengan pengobatan kanker otak dan kanker jenis lainnya.

Selain pengobatan konvensional, pengobatan tradisional juga sangat efektif untuk kanker,diantara lain : sarang semut (Myrmecodia pendans) merupakan tanaman yang berasal dari Papua yang secara tradisional telah digunakan oleh penduduk asli Papua untuk mengobati berbagai penyakit secara turun-temurun.

 

Pengobatan Kanker Otak Ada dua Metode

 

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*