Penyakit Meningitis Menyerang Syaraf Otak

Penyakit Meningitis Menyerang Syaraf Otak

Penyakit Meningitis merupakan sebuah penyakit yang masih belum begitu familiar di telinga kita, Saya sendiri baru pertama kali mendengar penyakit ini ketika ada berita tentang pemain sepakbola yang waktu itu membela klub liga inggris Chelsea FC yaitu Danniel Stturridge yang pernah menderita penyakit meningitis ini. Namun ajaibnya dia dapat segera pulih dari penyakit meningitis tersebut dan bahkan tetap dapat menjalani hidupnya sebagai pesepakbola seperti biasanya.

Penyakit meningitis merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya infeksi meninges atau yang dikenal dengan selaput yang melindungi sistem syaraf pusat pada tubuh manusia. Infeksi tersebut bisa terjadi karena adanya peradangan yang disebabkan karena virus maupun bakteri pada selaput meninges tersebut. Dari keterangan tersebut nampak jelas bahwa penyakit meningitis merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan menakutkan. Penyakit meningitis diketahui mampu membuat bagian syaraf manusia, sumsum tulang belakang dan otak menjadi rusak

penyakit meningitis menyerang syaraf otak

penyakit meningitis menyerang syaraf otak

Banyak orang mengira penyakit ini tidak bisa disembuhkan namun beberapa Dokter meyakini bahwa meningitis ini masih bisa di sembuhkan jika didiagnnosa sejak dini, jangan sampai telat. Sebelum kita terlalu jauh untuk tahu soal gelaja penyakit ini, ada baiknya kita mengetahui jenis penyakit apakah ini ?

Penyakit meningitis dapat menyerang kelompok umur manapun, meskipun pada kenyataannya, kelompok umur yang rawan terkena penyakit ini adalah anak-anak usia balita dan orang tua. Beberapa orang yang rentan terkena penyakit meningitis selain dilihat melalui kelompok umur juga bisa disebabkan oleh hal berikut ini:

  1. Seseorang yang memiliki pleuroperitoneal CSF dalam otak/patologi lain.
  2. Seseorang yang menggunakan prosedur tulang belakang, seperti halnya anestesi tulang belakang.
  3. Seseorang dengan cacat dural
  4. Penderita penyakit diabetes
  5. Seseorang yang terinfeksi bakteri Endokarditis
  6. Para pecandu alkohol
  7. Pecandu narkotika jenis suntik

Gejala umum dari penyakit meningitis adalah sakit kepala dan leher kaku disertai oleh demam, kebingungan atau perubahan kesadaran, muntah, dan kepekaan terhadap cahaya (fotofobia) atau suara keras (fonofobia). Anak-anak biasanya hanya menunjukkan gejala nonspesifik, seperti lekas marah dan mengantuk. Adanya ruam merah dapat memberikan petunjuk penyebab dari meningitis; contohnya, meningitis yang disebabkan oleh bakteri meningokokus dapat ditunjukkan oleh adanya ruam merah.

Penyebab Penyakit Meningitis

Sebenarnya penyebab penyakit meningitis ini bukan merupakan jenis virus yang begitu berbahaya, namun jika telah parah dapat mengakibatkan gangguan kesehatan yang serius seperti kerusakan otak, kurangnya daya ingat, kurang nya kemampuan pendengaran dan bahkan menyebabkan kematian jika tidak ditangani secara serius. Virus penyebab penyakit meningitis pada awal nya menginfeksi bagian tubuh penderita dan mengalir masuk ke dalam sel-sel syaraf pusat yaitu otak manusia. Penyebab utama penyakit meningitis pada dasar nya adalah virus yang dapat menyerang manusia dalam kondisi kekebalan tubuh seperti apapun. Selain itu juga dapat disebabkan karena infeksi akibat bakteri atau pun jamur, meskipun ini sangat jarang dijumpai. Bakteri penyebab meningitis tersebut antara lain : Streptococcus pneumoniae, Neisseria meningitidis, Haemophilus influenzae,Listeria monocytogenes, Mycobacterium tuberculosis dan Staphylococcus aureus. Silakan Anda cari tahu sendiri mengenai asal muasal bakteri-bakteri tersebut.

Meningitis ada 3 jenis yang umum diderita oleh manusia, yaitu viral meningitis yang paling ringan. Jenis ini dapat sembuh tanpa pengobatan serius, sebab gejalanya mirip flu biasa. Kedua bacterial meningitis, disebabkan oleh bakteri meningococcal bacteria. Ini cukup berat dan perlu pengobatan serius.

Ketiga adalah jenis meningitis triptokokus yang penyebabnya adalah jamur triptokokus. Cara penularannya melalui udara dari kotoran penderita yang telah mengering dan mengandung jamur tersebut.

Karena penyebabnya bakteri dan virus, maka cara pencegahannya adalah dengan menjaga kebersihan sebaik mungkin. Hindari makanan yang kotor dan tercemar bakteri tersebut. Selalu mencuci tangan dengan sabun bila hendak makan atau dari tempat umum.

Karena ini penyakit yang dapat menyebabkan kematian, maka sebaiknya Anda tidak meremehkan penyakit tersebut. Asupan makanan bergizi dengan tujuan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap segala penyakit juga perlu dilakukan sehari-hari. Tambahkan kayu manis dalam minuman dan makanan sehari-hari, sebab kayu manis punya manfaat menjauhkan dari serangan meningitis.

 

Penyakit Meningitis Menyerang Syaraf Otak

 

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*