Penyebab Kanker Otak Yang Perlu Diwaspadai

Penyebab Kanker Otak Yang Perlu Diwaspadai

Penyebab Kanker Otak – Siapa saja pasti tidak ingin mengidap penyakit kanker otak yang sarat akan penderitaan bahkan mematikan. Upaya terbaik adalah melakukan pencegahan, maka dari itu kita harus mengenali apa saja hal-hal yang bisa menjadi penyebab kanker otak untuk kemudian kita hindari.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai penyebab kanker otak, yuk berkenalan dulu dengan penyakitnya…

Penyebab Kanker Otak Yang Perlu Diwaspadai

Penyebab Kanker Otak Yang Perlu Diwaspadai

Kanker otak adalah pertumbuhan abnormal dari sel-sel di otak yang membentuk massa yang disebut tumor. Kanker (tumor ganas) pada otak cenderung tumbuh sangat cepat. Tumor otak akan mengganggu fungsi tubuh, bahkan mengancam nyawa.

Namun, sebenarnya penyakit cukup jarang terjadi dibanding jenis kanker lainnya. Menurut perkiraan dari American Cancer Society, setiap orang memiliki kurang dari 1 persen kemungkinan untuk mengembangkan tumor otak ganas dalam hidupnya. Meski demikian, kita harus waspada, karena lebih baik mencegah dengan mengenali penyebabnya daripada mengobati.

Perlu diketahui, bahwa seseorang yang memiliki tumor otak akan mengalami gejala-gejala sebagai berikut :

  • Sering sakit kepala yang biasanya lebih buruk di pagi hari
  • Mual sampai muntah
  • Kurangnya koordinasi
  • Kurangnya keseimbangan
  • Kesulitan berjalan
  • Gangguan memori atau daya ingat
  • Sulit berfikir
  • Bicaranya terganggu
  • Gangguan penglihatan
  • Perubahan kepribadian
  • Mati rasa atau kesemutan di lengan atau kaki
  • Kejang-kejang dan sebagainya.

Tidak perlu panik, jika Anda mengalami salah satu atau beberapa gejala di atas, maka periksalah ke dokter untuk diselidiki penyebab pastinya. Bagi Anda yang tidak mengalaminya, maka simklah pembahasan mengenai penyebab tumor otak ganas di bawah ini.

Penyebab Kanker Otak

Jadi, sebenarnya apa penyebab utama kanker otak ? Sesuai dengan riset yang telah dilakukan, secara garis besar ada dua penyebab penyakit kanker otak tersebut, yang pertama ialah otak tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, dan penyebab kanker otak yang kedua ialah karena penggunaan bahan zat berbahaya seperti alcohol dan zat adiktif seperti narkoba, heroin, dan yang lainnya. Berikut adalah beberapa faktor penyebab kanker otak lainnya :

  1. Usia

Kanker otak dapat terjadi pada orang dengan usia berapa pun. tetapi secara umum, seiring dengan bertambahnya usia maka resiko terkena kanker otak akan bertambah. Di Inggris terjadi kasus sekitar 400 anak dibawah usia 15 tahun di diagnosis dengan tumor otak setiap tahunnya. Tumor otak ini merupakan jenis kanker yang paling sering terjadi pada anak-anak. terdapat sekitar 300 remaja dan dewasa (usia 15 hingga 24 tahun) di diagnosis dengan tumor otak setiap tahunnya. Pada kelompok usia ini kanker otak merupakan kanker paling sering terjadi ke empat.

  1. Faktor Genetik

Salah satu penyebab utama kanker otak adalah faktor genetik, yang mana jika ada salah satu anggota keluarga Anda memiliki riwayat kesehatan sebagai penderita kanker otak, maka Anda dan anggota keluarga yang lain memiliki resiko terkena penyakit kanker otak.

  1. Benturan

Penyebab utama kanker otak lainnya adalah adanya trauma pada kepala akibat kecelakaan atau benturan hebat yang terjadi di kepala. Trauma tersebut dapat memicu pertumbuhan sel yang abnormal pada otak dan kemudian akan berkembang menjadi kanker otak.

  1. Radiasi Benda Elektronik

Radiasi tinggi dari dari benda elektronik, salah satunya ponsel dapat menjadi penyebab utama kanker otak. Aliran sinyal ponsel dengan level tertentu dapat menimbulkan pertumbuhan sel abnormal pada otak. Sebaiknya Anda mematikan ponsel Anda ketika Anda tidur atau mengganti mode ponsel ke mode terbang.

  1. Makanan

Makanan yang mengandung zat karsinogenik merupakan penyebab utama kanker otak. Makanan yang mengandung zat karsinogenik yang terdapat pada makanan yang diawetkan dan diasinkan dapat memicu pertumbuhan sel abnormal pada otak. Selain itu, Makanan berlemak dan berprotein tinggi juga dapat memicu munculnya sel abnormal pada otak yang kemudian akan berkembang menjadi kanker.

Nah, dengan menerapkan pola hidup yang sehat, pola makan yang bergizi dan olahraga yang teratur serta rajin cek kesehatan kedokter. Hal ini merupakan  salah satu langkah agar terhindar dari penyakit kanker dan penyakit yang mematikan lainnya.

  1. Jenis Kelamin

Secara umum kanker otak lebih mungkin terjadi pada laki-laki daripada perempuan namun beberapa tipe tumor otak tertentu  seperti meningioma, lebih sering terjadi pada wanita.

  1. Ras dan etnis

Di Amerika Serikat, orang kulit putih lebih mungkin untuk mengembangkan glioma (jenis kanker otak) tetapi kecil kemungkinannya untuk mengembangkan meningioma dibandingkan orang kulit hitam. Hal serupa juga terjadi pada orang-orang dari Eropa utara dua kali lebih mungkin untuk mengembangkan tumor otak.

Itulah 7 penyebab kanker otak. Dengan mengetahui penyebab-penyebab tersebut diharapkan penyakit ini tidak akan terjadi pada diri Anda dan presentase pengidap kanker otak semakin berkurang. Semoga bermanfaat ^^

Penyebab Kanker Otak Yang Perlu Diwaspadai

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*