PENYEBAB KANKER OTAK

Penyebab Kanker Otak

Penyebab Kanker Otak>> Kanker otak salah satu penyakit yg sangat menakutkan dari penyakit sejenisnya. kanker atau neoplasma ganas adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel berkurang maka terjadilah pembelahan sel melebihi batas normal dan menyerang jaringan biologis di dekatnya, secara bertahap akan bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik, disebut metastasis.

Penyebab kanker otak

Penyebab kanker otak

Penyebab kanker otak  yang tepat untuk asal-usul utama brain tumor masih belum diketahui. Ini dapat terjadi baik berkat rusak genetika-misalnya dalam kasus neurofibromatosis, Von Hippel-Lindau sindrom, Li-Fraumeni syndrome, sindrom Turcot atau tuberous sclerosis dll atau hasil karena untuk eksposur kanker menyebabkan racun atau radiasi.

Studi penyebab kanker otak menunjukkan paparan radiasi otak, yang sering digunakan untuk pengobatan kanker otak juga, sering bertanggung jawab untuk meningkatkan risiko tumor otak dalam 20-30 tahun. Pajanan radiasi sebagai bagian dari profesi, pekerja di kabel listrik, serta orang-orang dengan sejarah merokok, trauma kepala, terapi penggantian hormon, belum dikutip sebagai faktor-faktor risiko untuk tumor otak.

 

Pencegahan Kanker Otak


  1. Menghindari penggunaan bahan kimia

Bahan kimia dan paparan radiasi kimia berpotensi besar terhadap kerusakan otak seseorang, sehingga Anda disarankan untuk menghindari prosedur yang berkaitan dengan bahan kimia. Bahan kimia yang akrab dengan kehidupan Anda sehari-hari adalah vinil klorida yang digunakan dalam plastik, formalin yang digunakan sebagai pengawet, dan acrylontrile digunakan dalam industri tekstil. Pancaran radiasi dari reaktor nuklir juga dapat menjadi penyebabkan kanker otak. Orang yang pekerjaannya mengharuskan untuk berinteraksi dengan bahan kimia dan nuklir, harus rutin melakukan pengujian terhadap kanker otak ke dokter.

2. Makan makanan anti kanker

Bawang putih dan makanan yang mengandung asam lemak omega 3 membantu dalam pencegahan kanker otak. Bawang putih mengandung substansi anti kanker yang dapat membantu mengontrol kecenderungan kenker dalam sel-sel tubuh Anda. Sumber asam lemak omega 3 diantaranya adalah kenari dan minyak biji rami. Ini membantu tubuh dalam meningkatkan kekebalan dan kemampuan untuk melawan kanker.

3.  Hindari rokok dan alkohol

Salah satu penyebab utama semua jenis kanker adalah kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok dan konsumsi alkohol. Hal ini dikemukakan oleh University of Maryland Medical Center di Amerika Serikat. Kanker dapat menyebar ke setiap bagian tubuh, misalnya kanker paru-paru juga dapat menyebar ke otak,itu salah satu penyebab kanker otak. Jadi, hindari kebiasaan merokok dan minum untuk menghentikan pertumbuhan kanker otak dalam tubuh Anda.

4. Penggunaan ponsel

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa frekuensi penggunaan ponsel yang terlalu lama juga dapat menjadi penyebab kanker otak Sehingga, Anda disarankan untuk tidak menerima telepon melalui ponsel selama lebih dari 15 menit tanpa headphone untuk menurunkan risiko kanker otak.

Penyebab dari kanker otak pada anak

Berikut adalah penyebab kanker otak pada anak-anak, seperti dilansir onlymyhealth.

1. Penyebab Kanker Otak pada Kelainan gen

Beberapa kelainan pada gen dapat menyebabkan pertumbuhan sel yang tidak terkendali, yang pada akhirnya menyebabkan kanker. Penyusunan ulang kromosom juga menyebabkan gen abnormal.

2. Penyebab Kanker Otak pada Kondisi genetik tertentu

Kondisi genetik tertentu, seperti neurofibromatosis dan sindrom retinoblastoma, juga dapat menyebabkan kanker otak dengan mengubah gen atau kromosom.

3. Penyebab Kanker Otak pada Riwayat keluarga

Anak dengan riwayat keluarga yang mengalami kanker otak berisiko mengembangkan tumor pada sistem saraf pusat.

4. Penyebab Kanker Otak pada Paparan bahan kimia

Beberapa bahan kimia dapat mengubah struktur gen yang melindungi tubuh terhadap penyakit jantung dan kanker. Orang-orang yang bekerja di kilang minyak, pabrik kimia dan laboratorium nuklir, berisiko lebih tinggi terkena kanker. Risiko tersebut juga mungkin terjadi pada anak-anak mereka.

5. Penyebab Kanker Otak pada Terapi radiasi

Anak-anak yang mendapatkan terapi radiasi pada kepala akibat pengobatan penyakit tertentu, dapat meningkatkan risiko pertumbuhan tumor. Tumor di otak dapat menyebabkan stres dan kerusakan pada daerah di sekitarnya. Itulah yang kemudian berkembang menjadi kanker.

Pastikan Anda telah menerapkan gaya hidup sehat pada anak sejak dini. Berikan pula asupan gizi yang tepat untuk mendukung pertumbuhannya.

 

PENYEBAB KANKER OTAK

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*