Sakit Kanker Otak dan penyebabnya

Sakit Kanker Otak dan penyebabnya

Sakit Kanker Otak – Otak adalah bagian organ tubuh manusia yang memegang peranan penting dalam kehidupan. Otak merupakan pusat dari segala aktivitas, hingga yang sekecil-kecilnya. Otak menjalankan beribu-ribu aktivitas sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

Secara garis besar otak terbagi atas tiga bagian, yaitu otak besar (cerebrum), otak kecil (cerebellum), dan batang otak (brain stem). Masing-masing bagian terbagi lagi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, lebih kecil lagi, dan lebih kecil lagi.

Jadi otak memiliki banyak bagian yang memiliki fungsi berbeda-beda, oleh karena itu otak dapat menjalankan semuanya dalam waktu bersamaan.

Sakit Kanker otak adalah penyakit yang sangat berbahaya hingga berakhir dengan kematian. Selain mematikan, pengobatannya pun menelan biaya yang sangat besar.
Pada kanker otak, terdapat sel-sel tubuh yang tumbuh secara tidak normal. Dalam penyebarannya, kanker ini sangat menakutkan.

Dan hal ini tentu saja sangat berakibat fatal jika tidak mendapatkan penanganan yang cepat sesegera mungkin karena seperti yang kita ketahui bersama bahwasanya otak ini merupakan salah satu organ terpenting yang dimiliki oleh tubuh kita sehingga dapat kita pastikan saat terjadi gangguan pada fungsi otak maka akan sangat mempengaruhi pada kinerja organ tubuh yang lain.

Sakit Kanker Otak dan penyebabnya

Sakit Kanker Otak dan penyebabnya

Apa saja faktor penyebab sakit kanker otak?

  1. gelombang radiasi yang dipancarkan oleh ponsel dan komputer yang dapat meningkatkan peranan dari sel kanker.
  2. penelitian telah menunjukkan bahwa terjadinya kanker otak berkaitan langsung dengan penggunaan obat – obatan pestisida, pelarut, pewarna dan formaldehida. Dan juga pada perempuan hamil, penggunaan alkohol atau pewarna rambut akan meningkatkan risiko anak-anak menderita neuroblastoma.
  3. trauma maupun benturan juga terbukti dapat merangsang kanker otak, jaringan parut meningeal dapat memicu terciptanya tumor, tumor traumatis terjadi terutama atas dasar dura dan cedera arachnoid. Selain itu, cedera otak traumatis yang sudah ada akan mempercepat pertumbuhan tumor otak.
  4. Radiasi : paparan radiasi adalah salah satu penyebab sakit kanker otak.

Gejala sakit kanker otak yang muncul sangat tergantung di bagian otak mana tumor atau kanker tersebut muncul. Namun gejala-gejala yang paling umum dari tumor otak dan kanker otak yaitu adanya perubahan mental yang ringan (psikomotor asthenia) seperti, mudah tersinggung, emosi, labil, pelupa, perlambatan aktivitas mental dan sosial, kehilangan inisiatif dan spontanitas, mungkin diketemukan ansietas dan depresi. Gejala sakit kanker otak ini berjalan progresif dan dapat dijumpai pada 2/3 kasus.

Kemudian sakit kepala, seperti, terasa berat dan berdenyut, umumnya bertambah berat pada malam hari dan pada saat bangun tidur pagi. Adanya nyeri kepala dengan psikomotor asthenia perlu dicurigai terdapat tumor otak yaitu awal terjadinya sakit kanker otak.

Muntah-muntah juga gejala dari sakit kanker otak , hal ini terdapat pada 30% kasus tumor otak dan kanker otak yang umumnya meyertai saat sakit kepala. Kejangpun merupakan gejala awal dari tumor otak. Diperkirakan 2% penyebab bangkitan kejang adalah tumor otak.

Kemudian jika mengenai daerah motorik ada gejala kelemahan anggota gerak sampai kelumpuhan, penurunan penglihatan sampai kebutaan, hilangnya keseimbangan, kesemutan, gangguan penciuman, gangguan bicara kalau terkena di area atau pusat bicara, hingga turunnya kesadaran bila yang terkena batang otaknya.

Berdasarkan tempat terjadinya tumor otak hingga menjadi sakit kanker otak dibagi menjadi dua, yaitu tumor supratentorial yaitu tumor di atas tentorium atau pada otak besar, dan tumor infratentorial yaitu tumor yang ada di bawah tentorium, yakni otak kecil dan batang otak.

Jenis tumor otak yang paling parah salah satunya, “Neuroblastoma”. Kalau tumor ini letaknya di otak besar mungkin gejala yang timbul lambat. Tapi jika tumor ini terletak di otak kecil, maka gejalanya akan cepat terlihat.

Semua penyakit yang di sebut Kanker memang sangat mengerikan, oleh karena itu semoga kita bisa menjaga kesehatan hidup kita karena kesehatan adalah hal paling nikmat di dunia.

Jalankan pola hidup sehat dan hindari selalu faktor-faktor risiko penyebab sakit kanker otak yang biasanya ada pada kebiasaan-kebiasaan buruk dan juga pada makanan. Semoga kita bisa terhindar dari kanker otak yang sangat berbahaya ini.

Cara terbaik untuk mengetahui apakah otak kita terkena kanker adalah dengan melakukan scan (MRI, CT scan atau PET scan). Tentu ini hanya bisa dilakukan di rumah sakit yang memiliki fasilitas tersebut

 

Sakit Kanker Otak dan penyebabnya

 

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*